nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas! 5 Bahaya Makan Daging Babi Sebabkan Penyakit Infeksi hingga Kanker Hati

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 26 September 2017 13:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 26 481 1783205 awas-5-bahaya-makan-daging-babi-sebabkan-penyakit-infeksi-hingga-kanker-hati-VLXWDERz5u.jpg Bahaya dari mengonsumsi daging babi (Foto:BBC)

DAGING babi menjadi salah satu jenis makanan favorit banyak orang. Sayangnya, Anda yang suka konsumsi daging tersebut dapat mengalami risiko perburukan kesehatan yang tak diinginkan.

Konsumsi daging babi sebaiknya juga dihindari karena mengandung cacing pita. Cacing tersebut dapat menularkan penyakit bila masuk ke dalam pencernaan manusia.

Tak hanya itu, daging babi juga mengandung tinggi lemak dibandingkan daging kambing atau sapi. Bila dikonsumsi berlebihan tentu dapat menyumbang risiko kolesterol jahat.

Sebaiknya hindari makan daging babi meski diklaim rasanya sangat enak. Ada banyak dampak yang mungkin bisa Anda alami seperti ulasan berikut, dilansir Boldsky, Selasa (26/9/2017).

BACA JUGA:

Fakta-Fakta Dibalik Viagra, Diantaranya Ditemukan Secara Tak Sengaja

Agar Tak Salah Pilih Obat, Masyarakat Dihimbau Miliki Apotek Keluarga di Dekat...

Hepatitis E

 

Hati babi sangat lezat dan mengandung tinggi vitamin A dan nutrisi lainnya. Tapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa virus dari hati babi bisa terkontaminasi oleh virus hepatitis E. Anda yang mengonsumsinya rentan menderita penyakit tersebut tanpa disengaja.

Perlu dicatat, hepatitis E adalah satu dari lima jenis virus hepatitis yang menginfeksi manusia. Meski dokter mengatakan virusnya tidak berbahaya seperti hepatitis C dan hepatitis B.

Waspadai bila Anda mengalami gejala muntah, sakit perut, sakit kuning, demam setelah makan daging ini. Bisa-bisa Anda juga mengalami gagal hati yang berujung pada kematian.

Ada cacingnya

 

Babi biasanya dibesarkan dalam kondisi yang sangat tidak higienis. Dalam hal ini, larva dari berbagai parasit bisa berkembang biak dalam perut hewan ini.

Dokter menyebutkan, di dalam pencernaan babi bisa mengandung cacing gelang, cacing krem, cacing pita, dan cacing tambang, yang bisa merembet ke bagian dagingnya.

Multiple sclerosis

Duh, makan daging babi bisa sebabkan multiple sclerosis. Kira-kira apa sebabnya ya? Penelitian terbaru menemukan, ada korelasi yang sangat dalam antara multiple sclerosis dan makan daging babi.

 

Ternyata daging babi dapat merusak sistem saraf. Tentu hal ini menyebabkan seseorang menjadi tak berdaya. Bahayanya lagi, makan daging babi juga sebabkan gangguan penyakit autoimun berbahaya.

BACA JUGA:

Perempuan Tergemuk Sedunia dengan Berat 500 Kg Meninggal Dunia

Morning Sex Tak Hanya Bikin Semangat Kerja, Simak Manfaat Lainnya!

Infeksi bakteri

Daging babi juga menyumbang beberapa jenis penyakit infeksi. Karena umumnya daging ini mengandung bakteri seperti yersinia, staph aureus, E coli, listeria, dan salmonella.

Kanker hati

Dalam jangka panjang, seseorang yang kerap mengonsumsi bacon babi rentan mengidap kanker hati. Karena dalam bacon pasti ada tambahan pengawet nitrosamine yang ditambahkan ke daging babi. Zat tersebut dapat memicu kanker mematikan.

Untuk mencegah timbulnya segala penyakit berbahaya akibat makan daging babi, tentu harus memasaknya sampai benar-benar matang. Cara ini dapat membunuh mikroba berbahaya yang banyak terdapat di bagian daging babi.

Tapi akan lebih baik lagi jika Anda tak mengonsumsi daging babi sedikitpun. Banyak risiko yang mengintai Anda di kemudian hari.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini