nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbuka dan Menyatu dengan Ruang Keluarga, Tren Penataan Dapur 2017

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 27 September 2017 18:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 27 196 1784193 terbuka-dan-menyatu-dengan-ruang-keluarga-tren-penataan-dapur-2017-ZFeh7vdSqw.jpeg Tata dapur (Foto: HGTV)

SALAH satu bagian rumah yang tak kalah krusialnya adalah dapur. Ya, bila di masa lalu, desain dapur terfokus pada fungsionalitas dan efisiensi, saat ini penataan dapur lebih menciptakan suasana yang ramah, perpaduan estetika, nilai, dan fungsionalitas.

Hal ini diungkapkan oleh Christover Setradharma selaku Product Manager Hafele Indotama. Menurutnya, tren dapur saat ini bukan sekadar ruang untuk memasak, namun juga tempat berkumpulnya keluarga maupun relasi dalam menghabiskan waktu bersama.

"Kalau dulu, dapur menjadi bagian rumah yang 'syukur-syukur ada', artinya ada syukur, tidak pun tidak apa-apa. Tapi, sekarang dapur sudah bisa dijadikan sebagai representatif," kata Christover saat ditemui dalam acara Kitchen & Bathroom Indonesia 2017 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/9/2017).

Lebih lanjut, tren ini seolah kembali lagi pada tahun 1920-an. Di mana ada seorang arsitek interior di Jerman bernama Margareth, yang usai Perang Dunia I, mendapat pekerjaan untuk mendesain dapur dengan ukuran yang tidak luas.

"Pada tahun tersebut, dapur dibiarkan terbuka dan menyatu dengan ruang keluarga. Namun, seiring berjalannya waktu, rumah semakin besar sehingga membuat tren dapur dibuat terpisah. Ada yang di belakang, di pojokan. Tapi sekarang trennya kembali lagi, fungsinya semula bareng dengan living room," papar pria yang akrab disapa Chris tersebut.

Karena itu, dalam membuat desain dapur sesuai tren terkini, terdapat tiga faktor yang diperhatikan. Hal tersebut meliputi ukuran, tata letak, dan kebutuhan penggunanya. Selain itu, ada tiga komponen utama yang membuat tampilan dapur menjadi ideal.

"Ada yang disebut dengan kitchen work triangle, yaitu storage (penyimpanan), cooking, dan cleaning (pembersihan). Selain itu, ergonomis juga penting, sehingga bisa dijangkau dengan mudah, tak perlu menghabiskan energi untuk mondar-mandir, atau mengambil sampai harus naik ke atas, dan masuk-masuk ke dalam lemari, itu tidak lagi," jelasnya.

Perihal warna, Chris menerangkan bila tren pemilihan warna berkiblat pada otomotif. Yakni dengan pilihan warna yang elegan, seperti matte black, matte white, dan matte grey.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini