nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Ini 3 Komponen Penting yang Perlu Diperhatikan saat Mendesain Dapur

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 05:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 27 298 1784243 catat-ini-3-komponen-penting-yang-perlu-diperhatikan-saat-mendesain-dapur-zj6GQHzIww.jpg Ilustrasi dekorasi dapur (Foto: Idolza)

SETIAP rumah tentu memiliki dapur. Apalagi bagi para ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Namun, terkadang dapur tidak dirancang maksimal sehingga membuat suasana cepat bosan dan pekerjaan dapur menjadi kurang optimal. Ya, tanpa disadari, desain dapur mempengaruhi pekerjaan hingga masakan yang dihasilkan.

Karena itu, dapur harus memiliki desain yang sempurna agar tidak merusak konsentrasi saat melakukan pekerjaan. Salah satunya melalui tiga komponen inti. Apa sajakah?

"Ada yang disebut dengan kitchen work triangle, yaitu storage (penyimpanan), cooking, dan cleaning (pembersihan)," ujar Christover Setradharma, seorang product manager sebuah teknologi furnitur, yang ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Selain ketiga hal tersebut, poin penting dalam mendesain dapur yang tak boleh terlewatkan adalah ergonomis. Letaknya perlu diatur sedemikian rupa agar memudahkan pergerakan Anda saat mengambil sesuatu, mencucinya, lalu mulai memasaknya.

Jangan sampai pergerakan Anda di dapur menjadi terhambat lantaran posisi ketiga komponen tersebut yang kurang strategis.

"Bisa dijangkau dengan mudah, tak perlu menghabiskan energi untuk mondar-mandir, atau mengambil sampai harus naik ke atas, dan masuk-masuk ke dalam lemari, trennya sekarang sudah tidak begitu lagi," jelas pria yang akrab disapa Chris tersebut.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini