nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Pulau Spinalonga yang Jadi Tempat Pengasingan Pasien Kusta di Yunani

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 27 September 2017 09:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 27 406 1783752 intip-pulau-spinalonga-yang-jadi-tempat-pengasingan-pasien-kusta-di-yunani-IFtcPmqERs.jpg Pulau Spinalonga (Foto: BBC)

Spinalonga, sebuah pulau gersang di Yunani hanya dihuni oleh penduduk yang menderita kusta. Seperti apa kisahnya dan maukah Anda mengintip kebiasaan penduduk yang hidup di pulau ini secara langsung?

Ya, lokasi Spinalonga berada di puncak bukit yang curam yang menghadap desa kecil Plaka yang sepi di Kreta timur laut. Pulau kecil berukuran kecil seluas 8,5 hektar di Teluk Mirabello benar-benar gersang dan panas, bahkan tak dihuni manusia dulunya.

Sejak pemerintahan Venetian, pulau ini difungsikan sebagai benteng militer. Kemudian terus berubah fungsi menjadi tempat pengasingan pasien kusta asal Kreta mulai tahun 1904.

Nah, pada tahun 1913, setelah Kreta menjadi bagian dari Yunani, siapa pun yang menderita penyakit itu diasingkan di pulau ini. Pada puncaknya, koloni hampir mengasingkan 400 penduduk pada saat itu.

Kusta sebuah penyakit yang menyebabkan kerusakan kulit dan melemahkan saraf. Rupanya sejak dulu penyakit ini membawa serta stigma sosial yang negatif.

Pasien penderita kusta dijauhi, diberi stigma dan dianiaya oleh keluarga, masyarakat dan bahkan dokter. Sementara Pulau Spinalonga menjadi tempat pengasingan mereka, karena stigma tersebut.

Setelah pasien dari Kreta didiagnosis, mereka yang memiliki aset properti, aset finansial, serta hak kewarganegaraan dirampas. Lalu, dideportasi ke Spinalonga, yang mana mereka tidak pernah menerima pengobatan untuk mengatasi penyakitnya.

Terlebih lagi, walaupun pengobatan untuk kusta ditemukan pada awal tahun 1940-an, pemerintah Yunani tetap mempertahankan koloni tersebut, hingga sekira tahun 1957.

Barulah setelah seorang ahli dari Inggris mengunjungi pulau tersebut, mengumpulkan sebuah laporan yang memberatkan dokter di wilayah Kreta. Mereka gagal mengatasi pasien penyakit kusta dan memberikan stigma negatif.

Bahkan, orang lain yang ingin menengok keberadaan Spinalonga pun dihalangi oleh pemerintah. Pulau sunyi ini tidak boleh didekati oleh siapapun. Karena penduduk dengan kusta yang tinggal di pulau ini dianggap sangat dekat dengan maut.

Namun, seiring bertambah tahun, pemerintah Yunani lama juga berubah. Pada tahun 1957, koloni kusta di Spinalonga mulai 'disentuh' oleh masyarakat luar.

Pemerintah membuka jalur ke Spinalonga. Ada banyak kisah suram dari kehidupan di pulau ini, namun mereka abaikan. Seolah-olah pulau terpencil ini tak memiliki riwayat buruk.

Pulau di dekat laut lepas ini dibuka sebagai trip wisata agar citranya membaik. Para ahli kesehatan dunia saat itu tertarik datang ke Spinalonga. Pulau ini disulap memiliki pemandangan yang asri dan menawan. Siapapun yang menengok Spinalonga mungkin betah.

Spinalonga punya spot indah seperti gereja, rumah dari kayu, sekolah, hingga kafe-kafe unik. Setiap Anda ingin mengunjunginya, jangan ingat stigma penyakit kusta.

Karena, Pulau Spinalonga yang dulu kelam kini mulai damai dan ramai dikunjungi wisatawan. Demikian dilansir BBC, Rabu (27/9/2017).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini