nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Terlihat Awet Muda? Santap 5 Makanan Ini Cegah Munculnya Keriput

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 15:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 28 194 1784802 ingin-terlihat-awet-muda-santap-5-makanan-ini-cegah-munculnya-keriput-Vr2c3FehbW.jpg Ilustrasi (Foto: Cbsnews)

KEHADIRAN keriput, pada dasarnya adalah merupakan sesuatu yang wajar dialami seiring dengan bertambahnya usia.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka kulit secara alamiah akan mulai berkurang keelastisitasannya, kemudian menjadi menipis, lalu juga menjadi kering. Walau begitu, tentu tidak ada salahnya jika kehadiran keriput dicegah dengan mengonsumsi sederet jenis makanan.

Penasaran apa saja yang bisa dimakan untuk mencegah datangnya keriput? Simak penjelasannya berikut ini, seperti dilansir Livestrong, Kamis (28/9/2017):

1. Paprika merah

Tahukah Anda, ternyata paprika merah merupakan salah satu sumber vitamin C? Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam ‘American Journal of Clinical Nutrition’ pada Oktober 2007, makanan yang tinggi vitamin C dapat membantu mencegah datangnya keriput. Wanita yang rutin mengonsumsi makanan mengandung tinggi vitamin C sebagai bagian dari pola diet sehat, berhasil menampilkan tampilan kulit lebih awet muda daripada usia sebenarnya.

2. Jus jeruk

Jus jeruk disebutkan hadir dengan kandungan air yang penting untuk tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Dengan hanya menengguk sekitar ¾ cup atau sekira 177ml jus jeruk setiap hari, Anda sudah memenuhi 150% vitamin C harian yang direkomendasikan.

3. Kacang walnut

Kacang ini diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 3. Mengonsumsi walnut dan minyak walnut direkomendasikan sebagai taburan alias topping salad dan memanfaatkannya sebagai saus dressingnya. 

4. Almond

Tidak hanya kacang walnut, kacang almond juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu makanan pencegah datangnya keriput lho! Pasalnya, kacang almond diketahui kaya akan kandungan vitamin E, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keelastisitasan kulit.

Karena itu, mengonsumsi almond tidak hanya mencegah keriput, namun juga mengurangi garis keriput yang sudah muncul. Dalam mengonsumsi kacang ini, cobalah tanpa diolah macam-macam, yakni hanya dipanggang sebagai kudapan camilan sehat.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam ataupun kale, hadir dengan kandungan nutrisi dan serat yang tinggi, plus kehadiran antioksidan. Menurut dermatologist, Lawrence E. Gibson sebagai upaya maksimal pencegah datangnya keriput, cobalah untuk memakan sayuran hijau secara rutin setiap harinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini