nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Jitu Sarwendah Ajarkan si Kecil Menggunakan Toilet Sejak Dini

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 18:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 28 196 1785007 cara-jitu-sarwendah-ajarkan-si-kecil-menggunakan-toilet-sejak-dini-Il9iewjnNg.jpg Sarwendah (Foto: Instagram)

CEPAT atau lambat anak harus belajar potty training atau latihan menggunkan toilet. Sebab, selain berguna untuk kehidupannya di masa depan, salah satu syarat masuk sekolah adalah si kecil harus sudah bisa menggunakan toilet.

Hal ini tentunya amat disadari oleh Sarwendah, ibu dari Thalia Putri Onsu. Putrinya yang baru berusia dua tahun sudah diajarkan menggunakan toilet sejak berusia satu tahun.

"Thalia sudah diajarkan potty training sejak kecil. Awalnya dibiasakan untuk tidak memakai popok pada malam hari, jadi sebelum tidur dia ke toilet dulu untuk buang air kecil. Tapi awalnya dia pasti ngompol," ujar Sarwendah kepada Okezone saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2017).

Dalam mengajarkan latihan menggunakan toilet kepada sang buah hati, istri Ruben Onsu ini mengedepankan kedekatan ia dan Thalia. Menurutnya kedekatan ibu dan anak dapat membantu si kecil cepat mencapai suatu yang ditargetkan.

"Saya dan Thalia membangun kedekatan emosional, dengan cara itu saya yakin dia dapat mengerti apa yang saya inginkan. Jadi dia bisa diajak kompromi dan bekerja sama dalam mencapai tujuan," paparnya lebuh lanjut.

Misalnya, Sarwendah menjelaskan, ketika Thalia tersesak ingin buang air kecil saat di perjalanan tetapi dia tidak memakai pempers, sebagai ibu, wanita berwajah oriental ini mencoba menenangkan. Memberi pengertian agar si kecil dapat menahan hingga tiba di lokasi.

"Awalnya belajar saat di rumah, kemudian berlanjut ketika di perjalanan. Saya bilang kepada Thalia, 'tahan ya sayang sebentar lagi sampai'. Tetapi yang namanya anak-anak terkadang kasihan juga kalau harus menahan lama-lama. Saya juga melihat kondisinya, apabila memungkinkan maka tidak apa-apa Thalia menahan, tapi kalau jarak ke tujuannya jauh, pasti saya pakaikan popok," jelasnya panjang-lebar.

Sejauh ini, Thalia sudah bisa diajak kompromi untuk menggunakan toilet ketimbang buang air di popok. Ketika sekolah Thalia sudah tak lagi memakai popok. Dia sudah cukup tertib menggunakan toilet dan tidak ngompol.

"Adapun saya tetap memakaikan popok apabila saya merasa lokasi tempat Thalia berada kondisinya tidak higienis. Sebab Thalia pernah iritasi, jadi kalau toiletnya agak kotor, saya mengatakan kepada dia agar buang air di popok saja, syukurnya dia mau dan mengerti," tandas Sarwendah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini