nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Kasus Kanker Payudara Ayu Agustin, Ini Penjelasan RSUP Fatmawati

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 09:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 28 481 1784530 terkait-kasus-kanker-payudara-ayu-agustin-ini-penjelasan-rsup-fatmawati-jVJaqF4Epj.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

MEDIA sosial seolah jadi media pengungkap sebuah tindakan yang tidak adil dan disembunyikan. Melalui media sosial, banyak tindakan yang selama ini jarang diketahui orang jadi tersebar secara bebas dan akhirnya pihak yang terkait pun mengatasinya.

Seperti halnya yang terjadi pada Ayu Agustin. Wanita ini semula bukanlah siapa-siapa, bahkan publik pun tidak tahu siapa ia awalnya. Namun, karena adanya media sosial, perlahan publik akhirnya mengetahui ada kasus yang terjadi pada wanita berusia 21 tahun ini.

Ya, Ayu Agustin yang viral lewat sebuah video yang diunggah seseorang di jejaring sosial instagram, dikabarkan kesulitan dalam menjalani kemoterapi dan setelah diviralkan, baru akhirnya kasus yang dialami oleh Ayu dapat perhatian.

Menurut kabar yang diolah dari berbagai sumber, Ayu Agustin telah melakukan pengobatan karena penyakit kanker payudaranya di Rumah Sakit Umum Pemerintah Fatmawati pada bulan lalu, yaitu Agustus 2017 dan menurut keterangan RSUP Fatmawati terakhir Ayu menjalani pengobatan pada 8 September 2017 dan datang kembali pada 17 Oktober 2017 mendatang.

Memang agak ganjal dengan selang waktu pengobatan yang dilakukan oleh Ayu tersebut. Namun, pihak rumah sakit menjelaskan melalui salah satu dokternya yaitu Dr dr Chamim, Sp.OG(K), jeda tersebut bukanlah berarti pasien diabaikan, akan tetapi pasien harus melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilakukan pengobatan yang tepat dan ia perlukan. Kondisi Ayu pun harus dicari tahu terlebih dahulu apakah disebabkan karena kanker atau bukan.

Ayu dikabarkan sudah mendatangi rumah sakit sebelumnya, namun sebelum mendapatkan penanganan selanjutnya, ia harus diperiksa terlebih dahulu dengan operasi pengambilan jaringan, yang biasa disebut biopsi dan Ayu pun harus menunggu gilirannya karena pasien di RSUP Fatmawati sangat banyak.

Lebih lanjut, ternyata dalam sehari rumah sakit tersebut melakukan tindakan operasi sampai 50 pasien, operasi itu sudah termasuk biopsi. Sayangnya, jumlah pasien tidak sebanding dengan kamar operasi, tempat tidur dan ICU yang tersedia bagi pasien, sehingga pasien harus mengantre untuk operasi.

Pihak RSUP Fatmawati menyarankan pada Ayu agar bersabar dengan kondisinya dan tetap melanjutkan pengobatan serta pemeriksaan yang sesuai dengan jalur yang tepat. Ayu saat ini diketahui tengah dirawat di RSUD Ciawi dan menjalani prabiopsi agar dapat ditentukan jenis tindakan terapi yang tepat untuk diberikan padanya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini