nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Mau Masak Rendang yang Enak dan Sedap? Simak Resep dan Rahasianya Berikut Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 30 September 2017 09:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 29 298 1785504 okezone-week-end-mau-masak-rendang-yang-enak-dan-sedap-simak-resep-dan-rahasianya-berikut-ini-LLrEjeMP0y.jpg Rendang (Foto: Amazin Grace)

RENDANG, siapa tidak suka? Ya, kuliner khas Minangkabau satu ini memang jadi favorit banyak orang, tidak hanya masyarakat Indonesia namun orang asing di luar Indonesia pun tidak bisa meragukan kelezatan rendang.

Rendang yang enak, bukan hanya soal cita rasa namun juga soal tekstur daging yang mudah dimakan, bukan yang alot sulit dikunyah. Nah, untuk membuat rendang yang empuk dan lezat memang membutuhkan trik khusus tersendiri loh.

 BACA JUGA:

Untuk membuat daging sapi yang akan dipakai sebagai bahan utama memasak rendang ini empuk, ada dua cara yang bisa dipilih. Sebagaimana dihimpun Okezone dari berbagai sumber, trik yang pertama ialah dengan memanfaatkan daun pepaya. Mengapa? Sebab disebutkan, daun pepaya mengandung papain.

Di mana papain inilah yang bekerja untuk melunakkan berbagai jenis daging, cara untuk memanfaatkan daun pepaya untuk membuat daging empuk dengan daun pepaya adalah bungkus daging sapi dengan daun pepaya selama kurang lebih 30 menit (jangan dibiarkan terbungkus dalam waktu yang terlalu lama karena daging akan terlalu empuk dan mudah hancur terburai saat dimasak).

Kemudian cara yang kedua, adalah dengan memakai buah nanas. Ya, buah dengan daging berwarna kuning satu ini bisa juga jadi alternatif cara membuat daging sapi jadi empuk jika terlalu sulit menemukan daun pepaya. Caranya, kupas buah nanas lalu ambil daging buahnya baru kemudian parut daging nanas ini. Setelah itu, balurkan parutan daging nanas tersebut langsung ke bagian daging sapi secara merata lalu diamkan saja selama kurang lebih satu jam lamanya. Voila! daging sapi yang akan dibuat menjadi rendang, nantinya akan lebih cepat empuk.

Setelah mengempukkan daging, kini saatnya untuk mengolah daging sapi tersebut menjadi sajian rendang. Di bawah ini, berikut uraian resepnya.

Rendang

Bahan-bahan;

2 kilogram daging sapi segar;

2 liter santan kelapa (bisa juga dengan menggunakan campuran 1 liter santan encer dan 1 liter santan kental);

Bumbu halus (dicampur lalu haluskan dengan blender atau ulekan);

14 siung bawang merah yang telah dikupas;

7 siung bawang putih yang telah dikupas;

100 gram cabai merah;

6 butir kemiri;

½ sendok makan ketumbar;

1 ruas kunyit, dibakar;

1 ruas lengkuas;

2 sentimeter jahe, dibakar;

100 gram cabai keriting merah;

1 sendok teh jinten yang sudah disangrai;

1/ 2 sendok teh pala bubuk;

2 ½ sendok teh garam;

Bumbu pelengkap;

3 batang serai, memarkan;

3 lembar daun kunyit;

4 sentimeter asam kandis;

5 lembar daun jeruk;

BACA JUGA:

Cara membuat;

1. Masukkan 1 liter santan ke dalam wajan kemudian masukkan semua bumbu, baik yang halus maupun yang tidak. Aduk terus hingga santan dan bumbu tercampur dengan baik dan mendidih;

2. Saat santan mendidih, masukkan potongan daging sapi. Aduk secara terus-menerus hingga santan mengental dan berkurang. Jika santan sudah sedikit, segera masukkan 1 liter santan yang tersisa;

3. Kecilkan api kompor (api terkecil) dan aduk terus secara perlahan dan terus menerus (jangan berhenti);

4. Jika rendang sudah mengental dan kering, maka rendang sudah matang dan siap dihidangkan.

Tips

Rendang ini dapat bertahan selama seminggu jika disimpan di dalam plastik biasa. Namun jika ingin disimpan lebih lama, maka gunakan plastik tahan panas yang divakum dengan vacuum sealer kemudian dikukus.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini