OKEZONE WEEK-END: Cicipi Nikmatnya Soto Gading Solo, Kuliner Langganan Presiden Jokowi

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 298 1785518 okezone-week-end-cicipi-nikmatnya-soto-gading-solo-kuliner-langganan-presiden-jokowi-sF6BLufOlc.jpg Soto Gading (Foto: Instagram)

SOTO merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang memiliki berbagai variasi tergantung pada daerahnya. Namun salah satu soto paling diminati dan mudah dijumpai adalah para penjual soto ayam.

Soto ayam menjadi makanan favorit banyak orang dari berbagai kalangan. Baik rakyat biasa maupun presiden, senang menyantap makanan berat yang cocok disantap saat sarapan, makan siang, maupun makan malam ini.

Sebut saja Presiden Joko Widodo yang gemar menyantap soto ayam. Jokowi hampir selalu mampir ke kedai Soto Gading ketika berkesempatan pulang ke kampung halamannya itu.

Jokowi dikenal sebagai pelanggan tetap Soto Gading sejak sebelum dirinya menjadi Walikota Solo. Terakhir, Jokowi dan keluarganya terlihat kembali ke kedai ini pada 9 Agustus 2017.

Kedai Soto Gading terlihat sederhana. Barisan meja dan kursi dari kayu terlihat tua. Namun jika Anda melihat betapa ramai pelanggannya, Anda mungkin akan penasaran seenak apa rasanya sehingga begitu banyak penggemarnya.

Jika dilihat sekilas, soto gading ini terlihat seperti soto-soto lainnya. Bihun, kol, tomat, irisan ayam, dan irisan telur yang diguyur dengan kuah kaldu terlihat sederhana. Namun Anda akan menemukan cita rasa yang begitu menggugah selera ketika mencicipinya.

Kuah kaldunya yang gurih memberikan rasa yang unik dan dijamin bikin Anda ingin kembali lagi untuk menyantapnya di lain waktu. Di samping soto sebagai sajian utama, kedai ini juga menjual makanan pendamping seperti gorengan, sate kikil, sate telur puyuh, sate usus, sate hati ayam, hingga sate kerang cocok disantap sebagai makanan tambahan untuk soto.

Sedangkan untuk minuman, Anda harus mencoba teh ginastel yang merupakan singkatan dari legi (manis), panas, dan kental. Teh ini memberikan rasa yang unik ketika diseruput, sebab tehnya disajikan oleh peramu khusus teh jawa.

Cita rasa dan nuansa khas Jawa yang ditawarkan oleh kedai inilah yang membuat Soto Gading tak hanya menjadi langganan para warga Solo. Tetapi pejabat hingga presiden pun rela datang ke kedai ini untuk merasakan soto khas ini. Selain Jokowi, Megawati Soekarno Putri, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah sederet presiden yang pernah menyantap soto di kedai ini.

Kedai Soto Gading sendiri didirikan oleh Siswo Martono sejak 1974. Untuk mencicipinya, Anda harus datang ke Jalan Brigjen Sudiarto nomor 75 atau di kawasan Jalan Gading Kidul di sekitar Alun-Alun Selatan kota Solo. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 05.30 hingga 15.30 WIB. Untuk menghindari kunjungan yang ramai, datanglah di luar jam sarapan dan makan siang.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini