OKEZONE WEEK-END: Bukan Cuma Pelengkap, Jeruk Nipis di Hidangan Soto Juga Ada Fungsinya Lho!

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 298 1785647 okezone-week-end-bukan-cuma-pelengkap-jeruk-nipis-di-hidangan-soto-juga-ada-fungsinya-lho-sjkFFzL6rD.jpg Soto (Foto: SBS)

MENYANTAP kuliner khas Indonesia, termasuk di dalamnya adalah aneka ragam soto memang lezat, menyegarkan, sekaligus mengenyangkan.

Ya, sehari-hari memang mudah menemukan hidangan soto sebagai salah satu menu makanan penduduk Indonesia. Sebut saja mulai dari soto ayam, soto daging, soto betawi, soto mie, dan jenis soto lainnya.

Menyantap semangkuk soto yang hangat dengan sepiring nasi putih tersebut, pastilah Anda familiar dengan kehadiran potongan jeruk mungil nan hijau ini? Ya, apalagi kalau bukan jeruk nipis.

Jeruk nipis atau dalam istilah ilmiahnya disebut dengan nama citrus aurantifolia adalah salah satu varian jeruk yang notabene adalah anggota marga dari Rutaceae. Jeruk nipis biasanya berbentuk bulat, berwarna hijau atau kekuningan dan memiliki sari buah yang kadar keasamannya lebih kuat daripada varian jeruk lainnya.

Jeruk nipis memang bisa dibilang adalah bahan pelengkap wajib untuk hidangan soto. Rasanya tidak ada hidangan soto khas Indonesia, yang disantap tidak dengan menghadirkan jeruk nipis di sampingnya. Bicara soal jeruk nipis, lalu sebenarnya apakah jeruk nipis ini hanya memiliki fungsi sebagai garnish alias hiasan dalam hidangan soto?

Well, ternyata jeruk nipis yang merupakan varian jeruk berukuran kecil, berwarna hijau yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga ini mempunyai fungsi selain di luar sebagai hiasan bagi hidangan soto loh! Sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber, diketahui bahwasanya jeruk nipis dalam soto adalah agar menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam di kuah soto.

Disebutkan lebih lanjut, dengan tambahan perasan air jeruk nipis ini maka membuat hidangan soto menjadi lebih segar secara keseluruhan untuk disantap. Tidak hanya itu, kegunaan jeruk nipis di dalam soto juga adalah untuk memanfaatkan air perasannya sebagai cairan penetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan, termasuk daging ayam atau sapi yang biasanya merupakan bahan utama dalam hidangan soto.

Terakhir, dengan adanya jeruk nipis dalam soto juga membuat rasa lemak daging yang suka terasa di dalam kuah soto akan sedikit memudar, ketika sudah ditambahkan air perasan jeruk nipis.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini