nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Pilih Mana, Soto Betawi, Soto Bandung, atau Solo Sulung? Semuanya Menggoyang Lidah!

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Sabtu 30 September 2017 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 29 298 1785657 okezone-week-end-pilih-mana-soto-betawi-soto-bandung-atau-solo-sulung-semuanya-menggoyang-lidah-YlzDjtyWLF.jpg Soto Betawi (Foto: wikipedia)

JIKA ditanya soto apa yang menjadi favorit Anda, mungkin jawaban yang terlontar akan cukup panjang. Sebagai salah satu kuliner nusantara yang memiliki segudang penggemar, Indonesia memang punya begitu banyak jenis soto. Bahkan bila dirunut dari Sabang hingga Merauke, sepertinya hampir semua daerah memiliki soto dengan ciri khas masing-masing

Soto sendiri merupakan masakan khas Indonesia yang terdiri atas kaldu daging, irisan daging, tauge, seledri dan juga bahan pendukung lainnya. Dengan perpaduan irisan daging dan kuah, tentunya soto akan sangat nikmat disantap dalam keadaan hangat.

(Baca juga: Resep Soto Betawi untuk Santap Malam Spesial)


Seperti dikutip dari Sindonews, setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan kekhasan masing-masing. Dari beragam soto yang ada di Indonesia, ada tiga soto khas yang berasal dari tiga kota besar di Pulau Jawa, yaitu Jakarta, Bandung dan Surabaya. Penasaran apa yang menjadi perbedaan ketiganya?

1. Soto Betawi dari Jakarta
Karena memakai susu sapi atau santan sebagai bahan khas membuat soto Betawi dari Jakarta ini terlihat memiliki warna kuah yang agak putih. Soto ini akan lebih nikmat jika disantap dengan tambahan campuran rempah-rempah seperti jintan, kemiri, ketumbar, dan kayu manis, bawang merah dan bawang putih, irisan daging, usus, babat, dan paru sapi, membuat soto betawi ini begitu gurih.

Sebagai pelengkapnya tidak lupa diberi sedikit kucuran jeruk nipis, bawang goreng, sambal, serta emping. Di beberapa tempat makan, soto Betawi ada yang menggunakan campuran olahan daging dan jeroan sapi serta minyak samin.

2. Soto Bandung dari Bandung
Jika Anda familiar dengan seblak, sebenarnya selain makanan tersebut, Tanah Pasundan ini juga memiliki soto. Soto dari Bandung punya ciri khas kuah bening dan dicampur dengan potongan-potongan tipis lobak serta taburan kacang kedelai goreng yang mungkin tidak ditemui di makanan sejenis lainnya.

Seperti soto pada umumnya, soto Bandung ini berbahan utama daging sapi dan tetelan. Sedangkan lobak membuat soto terasa lebih segar. Tidak lupa dengan tambahan kacang kedelai dapat membuat soto menjadi terasa lebih gurih.

3. Soto Sulung dari Surabaya
Hampir semua soto asal Kota Pahlawan ini memiliki rasa dan aroma yang khas. Disebut sebagai soto sulung, sajian ini menggunakan daging sapi dan jeroan untuk menjadi bahan dasar.

Soto ini akan terasa nikmat bila disantap masih hangat, bersama taburan bawang goreng yang ditemani dengan kerupuk udang. Di Surabaya, soto sulung adalah termasuk menu untuk sarapan.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini