OKEZONE WEEK-END: Menilik Sejarah dan Keistimewaan Sate Madura

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 298 1785683 okezone-week-end-menilik-sejarah-dan-keistimewaan-sate-madura-fxAFpHqWnw.jpg Sate madura (Foto: Rumahmesin)

SATE, satai, atau satay merupakan salah stau penganan yang sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Sate merupakan olahan daging, baik daging ayam, kambing, domba, sapi, maupun ikan atau yang lainnya, dipotong kecil dan dironce dalam sebilah lidi atau bambu, lalu dibakar di atas bara api.

Salah satu yang populer di seluruh Nusantara adalah Sate Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam. Selain ayam sebagai bahan utama, sate juga ada yang menggunakan daging kambing.

 BACA JUGA:

Sate Madura begitu mudah ditemui di berbagai tempat di kota-kota di Indonesia. Umumnya, menggunakan gerobak yang menyerupai perahu khas Madura.

Pada awalnya, saat rombongan Jaram Panoleh adipati Sumenep Madura mengunjungi kakaknya bernama Lembu Kanigoro atau Batoro Katong yang selaku adipati di Ponorogo. Saat diberi hidangan makanan berupa sate, Jaran Panoleh beserta rombongan enggan untuk memakan hidangan tersebut. Selain belum pernah menjumpai dan berbentuk aneh, roncean daging tersebut dipenuhi dengan bumbu.

Setelah dijelaskan oleh sang kakak bahwa makanan tersebut merupakan makanan yang biasa di makan oleh pendekar Ponorogo yang memiliki sifat Wira'i, akhirnya Jaran Panoleh dan rombongan bersedia untuk makan. Karena di mata Jaran Panoleh, tanah perdikan yang di pimpin oleh kakaknya begitu sulit untuk dipahami dan di tebak, Jarean Panoleh memohon restu untuk mempelajari kehidupan orang Ponorogo termasuk kuliner membuat sate, hingga pakaian keseharian warok ponorogo untuk diterapkan di dataran Madura.

Setelah mengenal sate ponorogo lebih dalam, terciptalah cara membuat dan resep sate yang lebih mudah dengan membuat sate ala Madura yang kita kenal saat ini. Berbeda dengan sate ponorogo yang selalu menggunakan ayam.

Keistimewaan sate ayam Madura adalah daging ayamnya yang empuk karena diolah melalui beberapa proses perendaman agar bumbu meresap dengan baik. Setelah matang, sate akan disuguhkan dengan saus kacang yang dicampur kecap manis.

 BACA JUGA:

Nah, Anda bisa menambahkan perasan air jeruk limau dan taburan bawang merah goreng untuk menambah kelezatan cita rasanya.

Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong atau nasi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini