OKEZONE WEEK-END: 5 Kreasi Sate Unik yang Ada di Indonesia, Mulai dari Kelinci Hingga Sate Ulat!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 298 1785785 okezone-week-end-5-kreasi-sate-unik-yang-ada-di-indonesia-mulai-dari-kelinci-hingga-sate-ulat-dAFOLWUQjO.jpeg Sate (Foto: Taste)

PAMOR sate memang sudah tak perlu dipertanyakan lagi di kalangan para penikmat kuliner. Makanan yang biasanya diolah dari daging sapi, ayam, atau kambing, dan ditusuk ke batang kayu serta dimasak dengan cara dibakar ini memang memiliki banyak variannya di Indonesia.

Ya, tak terpaku pada daging sapi atau ayam, banyak penjual sate berkreasi dengan daging lainnya. Mulai dari daging kelinci, kerang, kuda, dan masih banyak lainnya. Tekstur dan cita rasa yang unik, kelezatannya tak kalah dibanding sate ayam atau kambing.

Sebagian besar dijual di warung-warung kecil, ragam sate unik ini justru menjadi sangat populer. Berikut uraiannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:

Sate kelinci

Sate kelinci banyak dijajakan di kawasan Tlogo Putri, Kaliurang, Yogyakarta, dan Pujon, Malang. Meski ukurannya jauh lebih kecil dari sate ayam, namun hidangan ini banyak disukai lantaran memiliki tekstur daging yang kenyal dan lembut. Biasanya sate kelinci dibumbui dengan ketumbar dan kayu manis dan disajikan bersama kecap.

Sate kuda

Sate ini populer di daerah Yogyakarta dan banyak ditemukan di kawasan Gondolayu. Daging kuda sebenarnya mirip dengan daging kerbau, namun lebih merah dan lebih bebas lemak sehingga dianggap lebih sehat. Inilah yang kemudian membuat daging kuda banyak dicari orang lantaran diklaim berkhasiat menjadi obat kuat alami dan menyembuhkan penyakit asma. Bagian yang digunakan adalah has dalam karena teksturnya paling empuk.

Sate kerang

Di Surarabaya, jenis sate ini snagat digandrungi oleh warga sekitar. Daging kerang memang sangat mudah diolah jadi makanan. Tinggal direbus, lalu dimakan. Kini, sate kerang tinggal direbus saja, tak perlu dibakar, lalu kemudian ditusukkan ke dalam tusukan sate. Makin lezat bila disantap bersama lontong balap dan sambal kecap.

Sate ular

Bagi pecinta kuliner ekstrem, mungkin Anda bisa mencicipi ini. Tidak tanggung-tanggung, ular yang dijadikan sate, salah satunya adalah jenis kobra yang beracun dan mematikan. Anda bisa menemukannya di beberapa daerah, seperti Solo, Yogyakarta, atau bahkan di Jakarta pun sudah ada. Daging ular kobra memiliki tekstur yang sama seperti daging sapi, sedikit kenyal. Sate ular kobra akan semakin nikmat disantap dengan bumbu kacang dan kecap.

 BACA JUGA:

Sate ulat

Anda mungkin akan geli begitu mendengar kalau ada sate yang terbuat dari daging ulat. Namun, di Purworejo, sate ulat sering dikonsumsi lantaran dipercaya bisa menyembuhkan sakit gigi. Tapi, ulat bulu yang dijadikan sate biasanya hanya berasal dari famili Lyman Tridae atau dari pohon turi saja, sehingga tak bisa sembarangan. Tertarik untuk mencobanya?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini