OKEZONE WEEK-END: Mau Bikin Sate Ayam dan Kambing? Siapkan Peralatan Berikut Ini biar Hasilnya Sempurna!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 298 1785814 okezone-week-end-mau-bikin-sate-ayam-dan-kambing-siapkan-peralatan-berikut-ini-biar-hasilnya-sempurna-j6YPkA7qrd.jpg Sate (Foto: Youtube)

SELAIN diolah menjadi gulai atau sop, daging kambing, ayam, dan sapi juga enak dibuat sate. Membuat sate memang terlihat mudah.

Namun, bila ingin membuat sate dalam jumlah banyak, pastikan beberapa alat penting ini perlu disiapkan. Lantas, apa sajakah alat yang harus disiapkan sebelum membuat sate? Berikut ulasannya.

BACA JUGA:

Tusuk sate

Ya, salah satu yang khas dari sate adalah tusukannya. Di pasaran sudah banyak yang menjual tusuk sate, ada yang dipakai untuk sate ayam dan ada pula yang dipakai untuk sate kambing. Pilihlah jenis tusuk sate khusus untuk sate kambing.

Berbentuk bilah bambu yang permukaannya agak lebar dengan ujung sangat runcing. Jenis tusuk sate ini lebih tahan panas dan cocok untuk menusuki irisan daging yang teksturnya lebih tebal. Rendam dahulu dengan air agar kotoran larut dan tusuk sate tak mudah hangus saat dibakar.

Alat pemanggang


Panggangan dari seng paling banyak dijual di pasaran. Sebaiknya pilih panggangan yang agak tinggi atau dalam agar arang bisa muat lebih banyak. Jarak antara panggang dan api tidak terlalu dekat agar sate tak mudah gosong. Bila berencana membuat sate dalam jumlah banyak, belilah alat pemanggang yang panjang dan dalam agar sate lebih cepat matang.

Arang

Arang batok kelapa bisa dipakai untuk menyalakan api pada pemanggang sate. Dibandingkan arang kayu, batok kelapa lebih tahan panas dan suhunya lebih stabil. Gunakan arang dengan ukuran sedang hingga besar. Bila ingin api lebih besar, tambahkan remahan arang.

 BACA JUGA:

Kipas

Untuk menjaga api arang tetap stabil maka diperlukan kipas bambu. Kipas ini banyak dijual di pasaran. Pilihlah kipas bambu berukuran lebar dengan pegangan yang kuat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini