nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Ini 5 Jenis Tumpeng dan Waktu Menyajikannya, Tumpeng Pungkur Punya Bentuk yang Paling Unik

Annisa Aprilia, Jurnalis · Sabtu 30 September 2017 06:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 29 298 1785842 okezone-week-end-ini-5-jenis-tumpeng-dan-waktu-menyajikannya-tumpeng-pungkur-punya-bentuk-yang-paling-unik-zKfP3rIr5h.jpg

YUMMY! Siapa sih warga Indonesia yang tidak berselera ketika melihat tumpeng? Paduan nasi yang berbentuk kerucut berisi lauk pauk yang lengkap. Hhhmm, tentunya sangat menggiurkan. Bahkan, perut yang kenyang pun tiba-tiba terasa lapar ketika melihat penampakan tumpeng di depan mata.

Negara kita yang beragam suku bangsa dan budayanya memiliki tumpeng yang juga berbagai macam jenisnya. Bahkan, dikumpulkan dari berbagai sumber, Kamis (28/9/2017) ada lima jenis tumpeng yang disajikan dalam kesempatan yang juga berbeda. Mau tahu ada tumpeng apa saja dan disajikan kapan? Ini dia kelima tumpeng tersebut!

Tumpeng Robyong

Jenis tumpeng yang satu ini biasanya disajikan hanya pada acara-acara yang besar saja, misalnya pada musim panen, mengusir wabah penyakit atau meminta hujan setelah kemarau berkepanjangan. Pada puncak tumpeng robyong biasanya ditusukkan telur ayam, terasi, bawang merah dan cabai. Selain itu, pada keempat titik yang terdapat ditumpeng robyong ada lidi yang disulut kapas dan diberi minyak untuk kemudian dibakar.

Tumpeng Megana

Tumpeng megana nampaknya salah satu tumpeng yang biasa kita lihat. Pasalnya, jenis tumpeng ini pasti ada ketika perayaan kelahiran seorang anak. Tumpeng yang terbuat dari nasi putih memiliki arti tersendiri yaitu kesucian, karena seorang anak yang baru lahir pasti suci. Ada pula sayu mayur yang disimbolkan sebagai pengharapan doa bagi kehidupan anak yang baru lahir tersebut.

Tumpeng Pungkur

Masih menggunakan nasi putih, tapi jenis tumpeng pungkur bukan disajikan ketika kelahiran anak. Melainkan sebaliknya, yaitu pada acara kematian. Tumpeng tersebut dicetak setengah, lalu dibelah dua secara vertikal dan dipasang terbalik.

Tumpeng Punar

Nasi yang digunakan pada tumpeng punar ialah nasi kuning. Tumpeng punar disajikan sebagai rasa syukur dan kebahagiaan. Dalam sajian tumpeng punar ada beragam lauk pauk seperti kacang kedelai goreng, abon, kering tempe dan lauk lainnya.

Tumpeng Kendit

Tumpeng kendit tampak agak unik dari tampilan tumpeng lainnya karena tumpeng tersebut memiliki dua warna, yaitu putih dan kuning. Tumpeng menggunakan nasi putih, sementara nasi kuning melingkari dua pertiga dari bagian puncaknya. Tumpeng kendit disajikan sebagai simbol dari seseorang yang telah terbebas dari sebuah kesulitan.  

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini