OKEZONE WEEK-END: Lupakan Sate yang Alot! Gunakan 5 Trik Berikut biar Daging Sate Jadi Empuk

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 298 1785854 okezone-week-end-lupakan-sate-yang-alot-gunakan-5-trik-berikut-biar-daging-sate-jadi-empuk-w1jrATud2r.jpg Sate (Foto: Serious Eats)

SALAH satu hidangan yang disukai banyak oleh penduduk di Indonesia, adalah sate. Baik itu sate ayam, sate kambing, ataupun sate daging sapi.

Hal ini bisa terlihat salah satu contohnya, apalagi kalau bukan melalui banyaknya pedagang sate di pasaran. Baik yang menjajakannya di jalan dengan gerobak, ataupun yang hadir sebagai salah satu menu di berbagai restoran.

Nah, bicara soal hidangan sate, memasak makanan satu ini memang agak riskan. Pasalnya, jika memasak sate dilakukan dengan cara yang keliru. Alih-alih mendapatkan daging sate yang empuk dan juicy penuh bumbu, daging sate yang dibakar malah akan sulit dikonsumsi karena teksturnya yang keras.

Kemudian sebenarnya adakah trik yang bisa dipraktekkan dalam memasak sajian sate, agar daging sate menjadi empuk? Jawabannya, ada kok! Penasaran kan? Sebagaiman dihimpun Okezone dari berbagai sumber, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Pilih daging yang tepat

Langkah pertama agar masakan sate bisa empuk, ialah dengan pemilihan daging yang sesuai. Pilihlah daging yang tidak ada lemaknya, dan jangan pilih bagian daging yang uratnya terlalu banyak. Bagian has luar dan has dalam, disebutkan sebagai bagian daging yang cocok untuk dipilih ketika hendak memasak sate.

Memotong daging 

Tahukah bahwasanya potongan daging juga memberikan pengaruh pada tingkat keempukan sate? Potongan daging yang terlalu besar, hanya akan membuat sate akhirnya tidak matang dengan sempurna, namun di sisi lain potongan daging yang terlalu kecil juga membuat sate bisa cepat gosong loh! Pastikan Anda memotong bagian daging dengan rasio yang pas dan semuanya sama seragam satu sama lain agar empuk dan matang secara menyeluruh.

Pakai bumbu rendaman 

Sebelum dibakar, disebutkan ada baiknya daging sate dibalurkan air rendaman bumbu terlebih dahulu. Misalnya dengan air bumbu rendaman madu dan jahe, lalu campuran antara bawang merah,bawang putih, kemiri, dan garam dan parutan buah nanas, atau bisa juga dengan menuangkan baking powder ke dalam bumbu marinasi tersebut lalu diamkan minimal satu jam.

Bumbu rendaman ini, selain bikin daging jadi empuk juga bisa menghilangkan aroma amis daging loh! Selain itu, agar daging tidak kering bisa juga menambahkan minyak goreng ke dalam bumbu rendaman, dengan rasio setiap 300 gram daging, hanya perlu menambahkan 1 sendok teh minyak goreng.

Proses pembakaran

Membakar daging sate, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari pakai bara api dari arang batok kelapa, kompor gas, sampai panggangan listrik yang canggih. Pastikan saat membakar daging sate tersebut, olesi dulu wajan atau pemanggang dengan sedikit mentega atau butter. Lalu sewaktu membakar daging sate (kurang lebih 3-5 menit-tergantung besar potongan daging dan jumlah sate yang dibakar), jangan lupa untuk membolak-balikkan sate agar matangnya bisa merata.

Suhu panas yang pas 

Disebutkan, dalam membakar daging sate sebaiknya dimasak perlahan dengan suhu panas api yang sedang. Membakar sate dengan panas api yang besar atau tinggi, bisa membuat tekstur daging sate jadi cepat keras.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini