Tahukah Anda Handuk Bisa Jadi Sarang Bakteri? Ini Bahayanya!

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 481 1785328 tahukah-anda-handuk-bisa-jadi-sarang-bakteri-ini-bahayanya-PTiHIsxNHX.jpg Handuk bisa jadi sarang bakteri (Foto: Thesweethome)

SAAT mengeringkan badan sehabis mandi, pasti Anda mengandalkan handuk. Tapi tahukah Anda, handuk yang sudah dipakai menjadi sarang bakteri.

Nah, coba cek seberapa sering Anda mencuci handuk dalam seminggu. Atau seberapa sering Anda mengganti handuk yang bekas dan basah setelah digunakan.

Sayangnya, banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihan handuk setiap hari. Rata-rata, pasti Anda memakai handuk bekas setiap habis mandi.

Padahal handuk bekas umumnya lembab. Kondisi ini yang disukai bakteri untuk tumbuh. Apalagi kalau berbagi handuk, bakteri menyebarkan infeksi ke salah satu anggota keluarga, yang menyebabkan sakit infeksi.

Belum lagi kalau Anda meletakkan handuk di kamar mandi. Sebuah studi baru mengklaim, 90% handuk yang Anda gunakan lalu disimpan di kamar mandi bisa menyebarkan bakteri mematikan.

Coliform adalah bakteri yang umumnya ditemukan dalam benda bekas. Bakteri ini sangat banyak ditemukan di handuk.

Dari uji tes laboratorium, ketika beberapa handuk kamar mandi dikirim secara acak ke laboratorium, para periset menemukan bahwa 14% handuk mengandung bakteri E coli. Nah, bakteri ini menjadi sarang penyebab penyakit infeksi.

Sebagian besar waktu, kita bisa bertahan dari penyakit infeksi ketika sistem kekebalan tubuh kuat. Tapi kalau imunitas melemah atau rendah, bakteri dari handuk bisa menginfeksi Anda.

Umumnya, Anda mudah menderita flu, penyakit kulit seperti alergi, diare, dan penyakit menular lain yang membahayakan. Karenanya, hindari penggunaan handuk bekas setiap habis mandi.

Apalagi kalau Anda berbagi handuk dengan teman atau sesama anggota keluarga yang lainnya. Bakteri dengan mudahnya menularkan penyakit infeksi pada tubuh mereka.

Setidaknya, Anda juga harus mencuci handuk setiap dua hari sekali. Pakailah handuk yang benar-benar kering agar tak memicu penularan bakteri.

Jika handuk Anda memunculkan bau tak sedap, jangan pernah menggunakannya. Bau itu merupakan pertanda pertumbuhan bakteri jahat.

Selain itu, cobalah untuk menghindari penggunaan handuk yang disimpan untuk digunakan di kamar kecil umum atau hotel. Demikian dilansir Boldsky, Jumat (29/9/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini