nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zaskia Adya Mecca Muntah Darah di Trimester Pertama Kehamilan, Apa Penyebabnya?

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 29 481 1785491 zaskia-adya-mecca-muntah-darah-di-trimester-pertama-kehamilan-apa-penyebabnya-ztZ3uME3s4.jpg Zaskia Adya Mecca (Foto: @zaskiaadyamecca/Instagram)

BEBERAPA hari lalu, Zaskia Adya Mecca mengumumkan kehamilannya yang keempat melalui akun Instagram pribadinya @zaskiadyamecca. Dari postingan foto mengenai kehamilannya, Zaskia mengungkapkan dalam caption bahwa trimester pertama selalu menjadi saat yang terberat baginya.

Benar saja, kemarin sutradara Hanung Bramantyo yang juga suami Zaskia mengunggah sebuah foto yang mengatakan istrinya mengalami muntah darah. Dalam foto yang diunggah oleh Hanung, terlihat Zaskia dilarikan ke rumah sakit dan tengah ditangani oleh perawat.

Lalu, apa yang sebenarnya membuat Zaskia muntah darah dan berbahayakah hal itu? Melansir dari Mom Junction, Jumat (29/9/2017), muntah darah saat kehamilan normal terjadi. Muntah darah atau hematemesis sering terjadi pada trimester pertama.

Darah yang terkandung dalam muntah biasanya berwarna hitam atau coklat tua. Darah juga bisa terlihat seperti kopi bubuk. Adanya darah dalam muntah sering terjadi karena pendarahan dari saluran gastrointestinal bagian atas. Muntah darah biasanya disebabkan oleh asam haematin. Tapi ada kondisi lain yang bisa membuat ibu hamil muntah darah yaitu;

Dehidrasi

Penyebab paling umum dari muntah darah adalah dehidrasi.Tubuh bisa kehabisan cairan akibat mual dan muntah terus menerus selama hamil. Kurangnya cairan memberi tekanan berlebih sehingga ketika ibu hamil muntah bisa mengeluarkan cairan pigmen dan darah dalam empedu.

Kelaparan

Banyak ibu hamil di trimester pertamanya sulit makan karena merasa mual. Hal itu tentunya bisa membuat ibu hamil kelaparan karena tidak ada makanan yang masuk.

Pecah esofagus

Saat ibu hamil mual dan muntah dalam interval waktu tertentu, apabila muntahnya terlalu kuat memberi tekanan bisa membuat esofagus pecah. Hal itulah yang menyebabkan ibu hamil mengalami muntah darah.

Hipertensi

Stres berlebih dan ketegangan bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Muntah darah bisa terjadi akibat hipertensi.

Keracunan makanan

Makanan beracun atau yang tidak higienis bisa memicu alergi dan kompleksitas kesehatan. Terlebih daya tahan tubuh ibu saat sedang hamil menurun sehingga dengan mudah mengalami masalah kesehatan.

Diet yang tidak seimbang

Bila seorang ibu hamil tidak memerhatikan asupan makanannya, tubuh akan mengalami reciprocates dan menyebabkan muntah darah.

Efek samping obat

Obat anti-inflamasi seperti ibuprofen, aspirin, dan naproksen sering menyebabkan iritasi dan pendarahan. Obat tersebut juga bisa mengurangi produksi lendir serta menghambat dan mengganggu lapisan perut. Bila sudah begitu, jika ibu hamil muntah sedikit kuat, maka muntah darah bisa saja terjadi.

Karena muntah darah adalah hal normal yang terjadi pada saat trimester pertama, ibu hamil disarankan untuk tidak langsung panik. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi ke dokter kandungan atau ginekolog. Sebab, muntah darah yang berkesinambungan bisa membuat ibu hamil mengalami Melaena yang menyebabkan kotoran berwarna hitam dan pendarahan ketika duduk.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini