nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Kesehatan, Waspadai 4 Penyakit yang Biasa Muncul di Musim Hujan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 16:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 29 481 1785638 jaga-kesehatan-waspadai-4-penyakit-yang-biasa-muncul-di-musim-hujan-IzwXBCsNpo.jpg Ilustrasi (Foto: Skymetweather)

HUJAN sepertinya sudah mulai turun di beberapa kota besar di Indonesia belakangan ini. Sebut saja di Jakarta, Bandungm atau Tangerang. Itu menandakan bahwa musim hujan akan datang dan masyarakat diharapkan mempersiapkan diri untuk itu.

Nah, yang menjadi masalah dari perpindahan cuaca ini adalah penurunan daya tahan tubuh. Sebab, biasanya tubuh Anda terpapar panasnya matahari, kini harus mulai membiasakan diri untuk merasakan keduanya, misalnya paginya terpapar matahari sedangkan malamnya tubuh Anda kehujanan.

Kondisi tersebut pun menyebabkan penyakit mudah datang. Dijelaskan Dokter Umum dr. Mei Vrayanti, salah satu alasannya karena tubuh kehilangan keseimbangan dalam melawan virus penyakit.

Terkait dengan penyakitnya sendiri, dr. Mei menjelaskan pada Okezone melalui pesan singkat, Jumat (29/9/2017), ada 4 penyakit yang biasa muncul ketika musim penghujan tiba. Penyakit tersebut antara lain:

1. Demam Berdarah

Penyakit ini disebabkan penularan virus dari nyamuk Aedes Aegypti. Kenapa penyakit ini banyak muncul di musim penghujan? Nyamuk jenis ini tergolong suka berada di lingkungan yang lembab dan kotor. Nah, biasanya di musim hujan itu nyamuk ini jumlahnya meningkat dan banyak ditemukan di kaleng bekas atau tempat-tempat yang banyak sampahnya. Makanya, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan sekitar rumah pun di dalam rumah. Supaya nyamuk ini tidak berkembang biak di lingkungan rumah Anda. Termasuk memerhatikan jentik nyamuknya, ya!

2. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Penyakit ini menular dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Penyebarannya semakin cepat jika Anda tidak dilindungan dengan sistem imun yang kuat. Kalau sudah terserang, sistem imun akan langsung drop dan banyak penyakit yang akhirnya dirasakan tubuh Anda. Yang paling sering itu demam, flu, atau batuk.

3. Leptospirosis

Penyakit yang ditularkan dari air seni tikus ini juga tergolong penyakit yang banyak datang saat musim penghujan. Sebabnya adalah genangan air dan kondisi rumah yang lembab di mana tikus menyukainya. Nah, karena penyebarannya melalui air seni tikus, sebisa mungkin Anda menjaga kekeringan kamar mandi pun juga dapur basahnya.

Terlebih pada daerah yang rawan banjir atau dekat dengan saluran air yang kotor, perlu kewaspadaan lebih terkait masalah ini. Jangan sampai air yang Anda konsumsi atau pakai mengandung bakteri penyakit yang berasal dari kencing tikus. Nah, perlu diingat juga bahwa jika Anda punya luka di kulit, sebisa mungkin untuk tidak terpapar air kotor. Penyebaran penyakit ini sangat mudah dan cepat.

4. Diare

Ini penyakit yang sebetulnya tidak memandang cuaca atau musim. Dengan tidak menjaga kesehatan atau asupan makanan, penyakit ini akan mudah diderita. Yang perlu Anda perhatikan adalah diare itu lebih menyoal masalah kebersihan. Masalahnya yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia adalah tidak menjaga kebersihan saat musim hujan tiba.

Selain kebersihan tempat tinggal atau tempat beraktivitas, asupan makanan pun harus sangat dijaga. Ingat! Sistem imun mudah rusak di musim penghujan. Melakukan kesalahan atau asal comot makanan tentunya akan berdampak langsung ke kondisi kesehatan Anda. Yang harus diperhatikan juga adalah ketersediaan air yang bersih. Diare bisa juga dipicu oleh air yang terkontaminasi, lho.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini