OKEZONE WEEK-END: Sate, Makanan Asli Indonesia yang Juga Eksis di Belanda Sejak Lama

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 30 September 2017 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 30 298 1786286 okezone-week-end-sate-makanan-asli-indonesia-yang-juga-eksis-di-belanda-sejak-lama-WlUNx5ZrCz.jpg Sate (Foto: thespruce)
MAKANAN populer Indonesia tak cuma rendang, nasi goreng dan soto ayam. Sate, salah satu makanan favorit rakyat Indonesia ternyata juga terkenal di berbagai negara di Asia Tenggara, Suriname dan juga Belanda. Keberadaan sate di banyak negara tentunya memudahkan orang Indonesia untuk mengisi perut ketika traveling atau tinggal di negara-negara tersebut. 
Sebagai makanan favorit rakyat Indonesia, sate sebenarnya berasal dari Jawa. Meski begitu sate telah lama dikenal sebagai makanan nasional bangsa Indonesia. Terbukti dengan adanya bermacam varian sate di masing - masing daerah seperti sate Madura, sate Ponorogo, sate Blora, sate Maranggi, sate Padang dan sate - sate lainnya. Daging yang digunakan pun bervariasi. Di banyak wilayah di Indonesia umumnya menggunakan ayam dan kambing, di Bali sate terbuat dari daging babi. 
Ada pula yang menyebut bahwa sate di Indonesia terinspirasi dari makanan kebab India saat para pedagang India berdatangan ke Indonesia. Namun rupanya kebab India ini juga terinspirasi dari makanan timur tengah. Pendapat lain menyebutkan sate berasal dari budaya Tiongkok. Hmm.. darimanapun asal sebenarnya yang jelas sate telah menjadi masakan nasional Indonesia.
Bila anda bepergian ke negara-negara Asia Tenggara tak sulit menemukan sate karena sate juga telah menjadi makanan sehari-hari di Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. 
Di Malaysia sate terbuat dari ayam dan kambing, juga sate babi yang banyak dikonsumsi komunitas Chinese Malaysia. Di Singapura sate telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat sejak lama. Sate yang biasa dijual di Singapura adala sate ayam, sate lembu , sate kambing, sate perut dan sate babat. Di Filipina sate disebut sebagai satti. 
Sedangkan di Thailand sate terdiri dari bermacam jenis mulai sate ayam, kambing, babi hingga vegetarian. Juga dihidangkan dengan saus kacang. Sate masuk ke Thailand lewat Indonesia. Sayangnya karena masakan Thailand lebih dulu terkenal di dunia internasional daripada Indonesia, sate sering diasosiakan sebagai masakan Thailand. Tentunya ini menjadi tugas orang Indonesia untuk terus mempopulerkan sate sebagai masakan asli Indonesia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini