nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Batik yang Merangkak Go International Sampai Artis Korea Doyan Pakai Batik

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 06:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 02 194 1786808 kisah-batik-yang-merangkak-go-international-sampai-artis-korea-doyan-pakai-batik-TjjGnqSIMp.jpg Korea Artis Pakai Batik (Foto: Indofashion)

BATIK adalah salah satu kain tradisional Indonesia yang sangat lekat dengan budaya Indonesia. Pasalnya, kain bermotif tersebut merupakan bagian dari warisan yang diturunkan oleh para orang tua terdahulu kita. Di Indonesia, perkembangan batik terus meningkat dari zaman Kesultanan Mataram, Kesultanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta dan bahkan hingga kini batik terus dikenal oleh masyarakat dunia.

Cara membuat batik pun beragam, ada batik tulis dan batik cap. Pewarnaan batik juga memiliki berbagai cara, seperti pewarnaan alami yang terbuat dari tumbuhan dan ada juga yang berasal dari bahan pewarna tekstil.

Seiring berkembangnya zaman, kain batik tidak lagi dianggap kuno atau ketinggalan zaman. Sekarang batik sudah semakin terkenal dengan model busana yang banyak memukau orang. Keragaman motif yang ada juga semakin membuat batik tampak cantik.

Keragaman motif yang dimiliki kain batik, identik dengan kebudayaan yang lekat dengan daerah-daerah tempat batik tersebut berasal. Oleh karena beragamnya motif dan model busana, batik kini tidak lagi hanya terkenal di dalam negeri, tapi juga hampir ke seluruh dunia. Banyak pula tokoh-tokoh masyarakat yang mulai mengenakan batik tidak hanya pada acara-acara formal.

Perjuangan orang-orang Indonesia termasuk pengrajin batik yang masih bertahan kini sudah mulai terlihat buah dari hasil kerja kerasnya mempertahankan batik. Sejak ditetapkannya hari batik pada 2 Oktober 2009 lalu, batik diakui oleh dunia, UNESCO sebagai benda peninggalan.

Sejak saat itu pula banyak bermunculan tokoh-tokoh dunia hingga acara-acara peragaan busana yang mengaitkan dan menampilkan batik sebagai tema busana. Melansir dari Indofashion 17, Senin (2/10/2017), berikut tokoh-tokoh terkenal yang pernah mengenakan batik dalam kesempatan yang mereka hadiri.

Artis Korea

Sehun, anggota termuda EXO tersebut sempat jadi bahan pembicaraan karena mengenakan batik untuk mempromosikan album terbarunya, The War dengan judul lagu Kokobop. Selain Sehun, ada banyak juga bintang top Korea Selatan yang pernah mengenakan batik Indonesia, seperti Kai EXO, Girls Generation, Sistar, Wonder Girls, Shinee, Super Junior, Big Bang dan lainnya.

Paris Hilton

Selain bintang Korea Selatan, Paris Hilton juga pernah beberapa kali muncul dengan mengenakan batik. Aktris ini membalut tubuhnya yang ideal dengan dress batik, celana batik dan bahkan pernah memadukan dres batik di atas lutut dengan jaket denim, sehingga tampilannya semakin kekinian.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini