Sasar Peminat Muda, Batik Jambi Siap Hadir dengan Desain Kekinian

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 02 194 1787224 sasar-peminat-muda-batik-jambi-bakal-hadir-dengan-desain-kekinian-UhNNO7LYH4.jpg

MESKI sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan termasuk kain tradisional warisan leluhur, tetapi market batik Jambi masih terbatas pada kaum ibu saja. Dibutuhkan upaya lebih untuk membuat batik Jambi lebih digemari anak muda. 

Ditemui Okezone di Jakarta belum lama ini, Ditha Chairunnisa pemilik Rumah Batik Azmiah Jambi mengatakan anak muda yang tertarik dengan batik jambi masih terbatas pada kaum muda yang sudah bekerja. Sementara anak muda seperti mahasiswi atau usia sekolah SMA masih sangat terbatas. 

"Peminatnya kebanyakan ibu-ibu rumah tangga, anak muda juga yang sudah kerja. Kalau mahasiswi masih sedikit peminatnya. Ada tapi sangat terbatas," kata Ditha. 

Perempuan pewaris generasi ketiga rumah batik ini lebih lanjut mengatakan dibutuhkan sentuhan khusus agar batik tampil lebih menarik di mata anak muda. "Kalau dikasihnya kain begini mereka enggak akan tertarik. Makanya kita kadang kerjasama bareng desainer supaya jadi baju yang modelnya juga disukai. Desainer kan paham model kekinian karena tiap hari model berubah, anak muda suka yang ready to wear," lanjut Ditha. 

Di Jambi sendiri motif batiknya berbeda dengan motif yang dimiliki batik jawa. Batik Jambi lebih klasik dengan motif kecil-kecil dan berulang. Kebanyakan motif batik Jambi mengambarkan flora atau tetumbuhan endemik Jambi. 

Penggunaan batik Jambi juga berbeda dengan batik Jawa yang lebih memiliki pakem. Ditha menjelaskan batik Jambi bisa dikenakan kemana saja dan tidak terbatas pada momen atau acara tertentu. 

"Motif pada batik Jambi enggak ngaruh momen. Kalau Jawa kan ada motif tertentu untuk pernikahan, lalu motif lainnya juga buat kematian. Kalau Jambi enggak, lebih bebas," tambahnya. 

BACA JUGA

Di Jambi sendiri ada desa sentra pengrajin batik yang disebut sebagai kampung batik. Lokasinya ada di seberang sungai Batanghari. Jadi kalau ingin berburu batik Jambi harus menyebrang sungai, menurut Ditha jaraknya tidak jauh hanya sekira 30 menit. 

Di kampung batik ini banyak masyarakat yang memproduksi batik Jambi dengan motif dan kualitas yang beragam. Intinya jika datang ke kampung batik ini Anda bisa memilih kain batik yang harganya mulai ratusan ribu hingga belasan juta Rupiah. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini