Soto Ayam, Sup Khas Indonesia yang Mulai Populer di Hanoi Vietnam

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 02 298 1786989 soto-ayam-sup-khas-indonesia-yang-mulai-populer-di-hanoi-vietnam-aGIyFV0uVG.png Soto semakin populer di Hanoi (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

SEBAGAI makanan rakyat, soto digemari semua kalangan masyarakat. Tapi saat diluar negeri rasanya sungguh sulit untuk menemukan soto. Beruntungnya para penggemar soto kini bisa menemukan soto dengan mudah di Hanoi sejak sebuah restoran Indonesia mulai menyajikannya sejak akhir tahun 2016 lalu.

Di Indonesia soto sangat mudah ditemukan. Ia termasuk makanan rakyat yang bisa disantap di mana saja. Mulai dari warung kaki lima, rumah makan hingga restoran. Soto disebut berasal dari Jawa lalu menyebar ke berbagai daerah, sehingga tiap daerah atau kota punya soto khasnya masing - masing.

Di berbagai kota di Jawa ia disebut soto, di Pekalongan disebut tauto, di Makasar menjadi coto. Setiap varian soto telah disesuaikan dengan lidah atau selera masyarakatnya dan jenis bahan yang tersedia.

Meski begitu, seorang sejarawan menyebut bahwa soto sebenarnya terinspirasi dari sup Tiongkok yang bernama caudo. sup ini masuk ke Indonesia lewat imigran Tiongkok yang menetap di Semarang pada abad ke-17 atau pada era VOC. Dari manapun asalnya, soto kini telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia. Dan selalu dirindukan terutama saat traveling atau tinggal di luar negeri.

Di ibu kota Vietnam, Hanoi, soto tak lagi susah dicari karena sejak akhir 2016 lalu sebuah restoran Indonesia, Batavia mulai menyajikannya. Soto yang disajikan adalah soto ayam lengkap dengan kecambah, kentang, suwiran ayam, bihun, telur dan kuah kuning khas soto. Seporsi soto di Batavia harganya 75.000 Dong atau sekitar Rp37.500. Sedang bila ingin menyantapnya dengan nasi harga nasinya 15.000 Dong atau Rp7.500.

Soto yang disajikan di Batavia halal. Para traveler maupun expatriate yang tinggal di Hanoi tak perlu khawatir dengan kehalalan masakan Indonesia di sini, karena Batavia telah memperoleh sertifikat halal dari lembaga halal Vietnam. Soto di resto ini tak cuma menjadi favorit orang Indonesia yang sedang traveling ke Hanoi, namun juga warga Vietnam dan turis asing.

Salah satu cara terbaik menikmati soto di Hanoi adalah dengan menyantapnya di tepi danau. Kebetulan restoran Indonesia ini terletak di tepi danau westlake atau Tay Ho, tepatnya di jalan Xuan Dieu 25, Quang An, Hanoi. Ada tempat open space di bagian belakang resto dimana para tamu bisa duduk menghadap danau sambil menikmati segarnya kuah soto ayam.

Di Hanoi soto ayam hanya bisa ditemukan di Batavia. Meski ada 2 restoran Indonesia di Hanoi namun restoran lainnya tidak menjual soto. Meski soto juga bisa ditemukan di Malaysia dan Singapura, di restoran Melayu yang ada di Hanoi pun tak menjual soto. Keberadaan soto di Hanoi tak hanya sekadar mengobati kangen orang Indonesia namun juga ikut mempopulerkan masakan Indonesia di dunia internasional.

1
2