Share

Menjaga Kesehatan Mata hingga Mencegah Kanker, Manfaat Sehat Konsumsi Wine

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 03 Oktober 2017 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 02 298 1787206 menjaga-kesehatan-mata-hingga-mencegah-kanker-manfaat-sehat-konsumsi-wine-NhQkj4ofQ3.jpg Manfaat sehat minum wine (Foto:Fishonfriday)

MENGONSUMSI alkohol secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Tetapi jika dilakukan secara teratur dan tahu batasannya, kosumsi alkohol terutama wine ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Okezone telah merangkum 5 manfaat mengonsumsi wine secara teratur bagi kesehatan tubuh, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Selasa (3/10/2017).

BACA JUGA:

Ayo Ngopi Sepuasnya di Malioboro Nanti Malam Disusul Sarapan Gudeg Esok Paginya, GRATIS!

BANGGA! 2 Restoran Indonesia di Amerika Serikat dapat Review dari The New York Times, Apa Istimewanya?

Meningkatkan fungsi mata

Seiring bertambahnya usia, Anda memiliki risiko lebih besar mengalami pertumbuhan pembuluh darah yang berlebih di sekitar bola mata. Pertumbuhan berlebih ini akan memicu gangguan penglihatan seperti katarak, degenerasi macula, dan kebutaan. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa seekor tikus yang terpapar resveratrol (kandungan yang terdapat dalam wine) secara efektif memerangi kerusakan pembuluh darah.

Mencegah penyakit hati

Jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, mengonsumsi wine juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit hati. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC San Diego School of Medicine menyebutkan, peminum anggur memiliki risiko penyakit hati yang jauh lebih rendah daripada peminum zat lainnya.

Mencegah diabetes tipe 2

Sebuah studi mengkonfirmasi bahwa peminum anggur cenderung memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang sangat rendah. Tentu saja hasil ini didasari oleh uji coba yang dilakukan secara efisien dan tidak berlebihan. Anda bisa mengonsumsi wine setiap hari dengan porsi yang telah ditentukan oleh anjuran dokter.

BACA JUGA:

Sssttt, Ternyata Sederet Makanan Ini Favorit Miranda Kerr, Kari Salah Satunya!

URBAN FOOD: Ingin Makan Siang dengan Chicken Katsu ala Indonesia, Jajal Resep Praktisnya

Melindungi dari kanker

Beberapa ahli mengatakan bahwa wine juga sangat efektif untuk mencegah kanker. Minuman beralkohol ini memang telah lama dikaitkan dengan beberapa penilitan yang berfokus pada penurunan risiko tiga jenis kanker yang berbeda. Mulai dari kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat semuanya terbukti mengalami penurunan risiko bagi mereka yang mengonsumsi wine secara teratur.

Mencegah demensia

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh para ilmuwan di University of California, Los Angeles, senyawa dalam red wine membantu menstimulasi aktivitas di otak yang bisa mengatasi timbulnya demensia. Meski kesimpulan berbasis penelitian seringkali gagal seiring berjalannya waktu, namun sebagian orang yakin minuman beralkohol ini mampu melawan penyakit demensia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini