nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Dessert Khas Italia Ini Punya Cara Pengolahan yang Unik, Ada Kue Nenek dengan Topping Kacang

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 06:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 02 298 1787219 5-dessert-khas-italia-ini-punya-cara-pengolahan-yang-unik-ada-kue-nenek-dengan-topping-kacang-ZOE49PeZF7.jpg Dessert khas Italia dengan pengolahan unik (Foto:Foodandwine)

LUPAKAN pizza atau pasta yang selama ini Anda santap di restoran-restoran mewah, Italia ternyata memiliki beragam olahan makanan pencuci mulut lezat dengan teknik pengolahan yang sangat unik. Misalnya dengan mencampurkan buah ceri rebus dengan percikan anggur merah dan keju mascarpone, hingga menyisipkan buah pir ke dalam adonan pastry.

Nah, daripada penasaran, berikut Okezone rangkumkan 5 makanan pencuci mulut khas Italia yang bisa menjadi inspirasi Anda di rumah, sebagaimana dilansir dari Food & Wine, Selasa (3/10/2017).

BACA JUGA:

MENAKJUBKAN, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Diolah Jadi Minuman Penurun Demam

URBAN FOOD: Nasi Rebung Ayam atau Nasi Lengko, Sarapan Praktis & Lezat di Awal Pekan

Torrone semifreddo

 

Torrone adalah olahan nougat khas Italia yang terbuat dari madu, putih telur, gula, dan kacang. Teksturnya pun terbagi menjadi beberapa pilihan, mulai dari yang lembut, keras, renyah, hingga kenyal. Hidangan ini bisa menjadi opsi terbaik untuk memanjakan lidah buah hati Anda, karena biasanya disajikan dengan topping es krim yang sangat lezat dan menggoda.

 

Almond cake with pears dan crème anglaise

 

Untuk makanan penutup yang sederhana namun elegan, Anda bisa mencoba mengolah hidangan favorit Countess Florence Daneil Marzotto ini. Teknik pengolahannya memang sangat praktis. Anda hanya perlu memanggang kue bolu yang terbuat dari tepung almond, lalu dipisahkan menjadi dua layer untuk diisi potongan pir yang lembut. Setelah itu dimasak dengan mentega di dalam panci yang tertutup. Buah pir akan menguap dengan sendirinya, dan akan melepaskan cairan menyerupai saus manis sehingga rasa hidangan akan semakin lezat.

White peach tart

 

“Tekstur kue ini mungkin tidak akan serenyah yang Anda bayangkan. Ia lebih mirip seperti kue bolu dengan tekstur yang lembut dan sedikit membengkak,” tutur Marco Canora salah satu chef profesional asal Italia. Adonan kue ini juga sangat bagus untuk dipanggang secara dadakan, karena tidak perlu didingkan atau disisihkan sebelum digiling. Untuk isiannya, Canora merekomendasikan buah persik yang sudah matang namun tetap bertekstur bagus, agar pinggiran kue terasa lebih lembut.

Torta Della Nonna

 

Nah, bagi Anda yang sangat menyukai hidangan bercita rasa manis, segar, dan gurih, Torta Della Nonna bisa menjadi pilihan yang tepat. Hidangan tersebut merupakan makanan tradisional khas Tuscan yang juga dikenal dengan sebutan “kue nenek”. Variasinya pun terbilang banyak. Joe Sponzo kerap mengombinasikan adonan pastry crust dengan pastry cream yang lembut bercita rasa vanilla atau lemon zest. Ia kemudian menambahkan pine nuts pada toppingnya untuk menciptakan sensasi gurih yang menggugah selera.

BACA JUGA:

Mantan Istri Ben Afleck Buka Bisnis Kuliner Organik Khusus Anak-Anak

Perlahan dari Bawah adalah Cara Potong Tumpeng yang Benar

Cherries poached in red wine with mascarpone cream

 

Sebagai variasi, Anda juga dapat menyuguhkan olahan keju mascarpone tebal yang dicampur dengan madu, lalu diberikan toping buah ceri rebus sebelum diberi percikan red wine. Hidangan ini dapat disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini