nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNCOVER INDONESIA: Di Pantai Trianggulasi, Banyuwangi, Pengunjung Bisa Bertemu Monyet dan Penyu

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 04:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 02 406 1787329 uncover-indonesia-di-pantai-trianggulasi-banyuwangi-pengunjung-bisa-bertemu-monyet-dan-penyu-bpLw2MRAZ5.jpg Pantai Trianggulasi (Foto: Istimewa)

BANYUWANGi kini menjadi salah satu daerah favorit untuk dikunjungi saat liburan. Selain terkenal dengan Kawah Ijen, kota yang memiliki banyak julukan itu juga memiliki Taman Nasional Alas Purwo. Di kawasan taman nasional tersebut, wisatawan bisa mengunjungi banyak obyek wisata, salah satunya adalah Pantai Trianggulasi.

Letak pantai ini tidak jauh dari Pura Luhur Giri Salaka dan Pantai Ngagelan. Jika Anda bertanya ke masyarakat setempat, mereka akan menyebutnya pantai tanggul sari. Di pantai ini, wisatawan dapat menemukan formasi hutan pantai yang masih utuh. Hutan didominasi oleh pohon nyampung, bogem, dan pandan laut.

Apabila Anda menyukai pantai yang berpasir putih, Pantai Trianggulasi cocok untuk dikunjungi karena pasir pantainya berwarna putih bersih. Belum lagi air laut yang berwarna biru bisa membuat suasana hati menjadi damai. Akan tetapi, Anda tidak akan diijinkan untuk berenang atau berselancar di pantai ini karena ombaknya cukup tinggi dan tidak aman.

 

Namun Anda tidak perlu berkecil hati. Di pantai ini, ada kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti berkemah atau menikmati pemandangan matahari tenggelam. Terbayang ‘kan rasanya berkemah dan memandangi langit ditemani suara deburan ombak. Anda juga bisa bermain di atas pasir putih, membangun istana pasir dan bermain voli contohnya.

Di pantai ini, wisatawan yang datang akan disambut oleh monyet yang masih bebas berkeliaran. Selain monyet, di bulan April sampai November, wisatawan dapat melihat bagaimana 4 jenis penyu yaitu belimbing, sisik, abu-abu, dan hijau bertelur di pasir pantai. Maka tak heran apabila di pantai ini terdapat tempat konservasi penyu. Tempat tersebut berfungsi untuk menyimpan telur-telur penyu hingga menetas.

Bila Anda ingin menyaksikan sendiri bagaimana penyu bertelur dan telurnya menetas, datanglah ke Pantai Trianggulasi pada bulan yang telah disebutkan. Selain itu, Anda juga akan berkesempatan untuk ikut melepas tukik atau anak penyu dari telur yang sudah menetas ke lautan. Tentunya hal tersebut menjadi pengalaman yang sayang untuk dilewatkan.

Pantai ini memiliki sejumlah fasilitas seperti toilet umum, area berkemah, warung makan, dan lahan parkir yang membuat pengunjungnya merasa nyaman.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini