nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Anggap Sepele! Pria Bisa Terkena Kanker Payudara, Kenali Tandanya jika Terjadi Pembengkakan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 13:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 02 481 1786986 jangan-anggap-sepele-pria-bisa-terkena-kanker-payudara-kenali-tandanya-jika-terjadi-pembengkakan-EdgW5uEwxC.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

KANKER payudara bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Akan tetapi, karena lebih banyak dialami oleh wanita, membuat pria kurang waspada terhadap penyakit ini. Selain itu, kanker payudara pada pria lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 60 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan pria yang lebih muda bisa terserang penyakit mematikan itu.

Melansir dari laman Express, Senin (2/10/2017), ada lima tanda yang mengindikasikan seorang pria terkena kanker payudara, antara lain;

Benjolan

Sama seperti pada wanita, umumnya kanker payudara dapat dideteksi dengan adanya benjolan. Pada pria, benjolan biasanya terdapat di satu payudara dan berkembang di bawah atau di sekitar puting susu. Umumnya benjolan terasa keras atau kenyal, tidak bergerak, tidak menimbulkan rasa sakit, bergelombang, dan bertambah besar seiring berjalannya waktu. Namun, selain tanda kanker payudara, benjolan tersebut bisa berarti pembesaran payudara pada pria, jaringan lemak, atau kista. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter apabila mendapati benjolan di payudara.

Puting terbalik

Menurut NHS, puting susu yang masuk ke dalam bisa menjadi tanda pria terkena kanker payudara. Tanda ini berlaku juga untuk wanita.

Ruam

Timbulnya ruam di sekitar puting susu yang tak kunjung hilang juga bisa menjadi gejala. Biasanya ruam tersebut menyebabkan rasa sakit. Selain itu, yang mengkerut atau iritasi di sekitar payudara juga bisa menjadi tanda.

Cairan

Bila puting susu mengeluarkan cairan, Anda harus waspada. Apalagi jika cairan tersebut berisi darah. Sebab, puting pria tidak mengeluarkan cairan. Keluarnya cairan bisa menjadi tanda peringatan pria terkena kanker payudara.

Pembengkakan

Tanda lain dari kanker payudara pada pria adalah puting dan kulit di sekitarnya menjadi keras, merah, atau bengkak. Area di sekitar puting susu juga bisa menjadi bersisik dan gatal.

Selain tanda di atas, masih ada tanda lain yang menyebar ke bagian tubuh seperti tulang, paru-paru, atau hati. Misalnya merasa lelah sepanjang waktu, nyeri tulang, sesak napas, mudah sakit, dan kulit gatal. Bila Anda mengalami tanda-tanda di atas, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini