nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral! Kreasi Makanan Agar-Agar Curi Perhatian Media Internasional

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 20:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 03 298 1788107 viral-kreasi-makanan-agar-agar-curi-perhatian-media-internasional-UEHsQ1AYnf.jpg

BAGI Anda yang lahir di tahun 90-an mungkin masih ingat dengan jajanan pasar yang satu ini. Namanya Agar-Agar, makanan ini menjadi jajanan populer yang cukup digemari pada masanya. Para pedagang umumnya menyajikan jajanan tersebut dalam berbagai bentuk menarik, salah satunya dengan cara mengukir permukaan makanan.

Keunikan jajanan tersebut ternyata berhasil menarik perhatian media internasional. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @insiderart, terlihat jelas seorang pedagang kaki lima tengah mengukir Agar-Agar hingga menyerupai bangunan masjid dan helikopter.

Hebatnya lagi, ia hanya menggunakan sebuah pisau dan beberapa potongan agar-agar yang diletakkan di atas kertas. Jajanan ini dulunya dapat dijumpai dengan mudah di kantin-kantin sekolah atau di pasar tradisional. Namun seiring berjalannya waktu, ukiran agar-agar tersebut kini sudah cukup sulit untuk ditemukan.

Postingan itu ternyata berhasil membuat sejumlah netizen Indonesia bernostalgia dengan jajanan yang sering mereka konsumsi saat masih duduk di bangku SD. Beberapa diantaranya bahkan menyayangkan saat ini jajanan tersebut tidak banyak dijual seperti dahulu kala.

BACA JUGA

Baru ramai sekarang ya, padahal dari jaman SD udah ada. Tapi sekarang sudah sulit untuk didapatkan,” tulis akun @ana_hanazawa 

“Seumur hidup aku tinggal di Indonesia, tapi aku tidak pernah menemukan jajanan ini,” tulis akun @c.ara.mel

Kangen jajanan ini,” tulis akun @nadiaand99

Selain Agar-Agar, Indonesia juga memiliki sejumlah jajanan yang sempat berjaya pada masanya. Mulai dari permen rokok, wafer superman, gulali tiup, kue cubit, dan masih banyak lagi. Belakangan, jajanan yang hits di tahun 90-an ini kembali dilirik oleh para pegiat kuliner nusantara, namun tentunya dengan kreasi yang lebih modern seperti menambahkan bubuk matcha atau Nutella pada topping kue cubit.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini