nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Syarat Jantung Anda Tetap Sehat, Jangan Duduk Terlalu Lama dan Perhatikan 9 Hal Ini

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 15:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 03 481 1787865 syarat-jantung-anda-tetap-sehat-jangan-duduk-terlalu-lama-dan-perhatikan-9-hal-ini-yEPBdWqhtZ.jpg Rajin olahraga bisa membuat jantung jadi sehat (Foto: Google)

SELAIN organ tubuh yang lain, jangan lupakan untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak sulit, asal Anda tahu caranya. Begini yang bisa dilakukan agar jantung Anda tetap sehat.

Jantung merupakan organ yang sangat vital. Ketika jantung sudah berhenti berdetak, bisa dipastikan nyawa sudah terpisah dari raga. Untuk itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting. Sayang, hal ini masih banyak orang yang belum sadar akan masalah jantung.

Merawat dan menjaga jantung agar tetap sehat, memang tidak mudah, tetapi harus dimulai dari sekarang. Mengutip Times Of India, ada 10 cara menjaga jantung tetap sehat:

1. Kenali lemak berbahaya

Sebagian besar dari kita tidak tahu perbedaan antara berbagai jenis lemak. Padahal, terdapat lemak yang bisa membahayakan jantung. Salah satunya lemak trans atau biasa dikenal sebagai lemak tak jenuh.

Lemak trans sering didapati pada makanan cepat saji, makanan kemasan, dan makanan olahan serta roti. Ini karena lemak tak jenuh meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda dan mengurangi kolesterol baik.

Namun, lemak tak jenuh terkadang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, mengontrol pola makanan sangat penting untuk kesehatan jantung.

2. Jangan duduk terlalu lama

Pekerjaan yang membuat Anda harus duduk terlalu lama harus dihindari. Sebab, duduk terlalu lama tidak sehat untuk jantung. Sebab, hasil penelitian menunjukkan, duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147 persen.

Kemungkinan lainnya adalah kematian akibat penyakit ini juga berlipat ganda. Jadi, bisa meningkat kematian hingga 90 persen.

3. Berhenti merokok

Seorang perokok aktif akan lebih mudah terkena serangan jantung. Asap pada tokok juga berbahaya bagi kesehatan jantung walaupun Anda tidak merokok, di mana risiko terkena jantung sebesar 30 persen.

4. Pertahankan kebersihan gigi

Banyak yang tidak tahu tentang hubungan gigi dengan jantung. Kesehatan gigi berarti mendapatkan kesehatan jantung yang baik. Ini karena faktor risiko penyakit periodontal dan penyakit jantung adalah sama.

Gigi yang tidak sehat memiliki bakteri yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah dan menyebabkan peningkatan kadar protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan pada pembuluh darah Anda.

5. Tidur cukup

Tidurlah dan beristirahat selama tujuh jam. Sebuah studi menunjukkan, mereka yang tidur kurang dari enam jam meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular lebih dua kali lipat, termasuk serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kurang tidur mengganggu proses biologis dan dapat mempengaruhi tekanan darah dan menurunkan kondisi jantung.

6. Kontrol tekanan darah

Beberapa orang yang memiliki tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung lebih cepat. Idealnya, jika Anda berusia antara 18 dan 30, Anda harus mendapatkan tekanan darah setiap tiga sampai lima tahun. Jika Anda lebih tua, Anda harus memeriksanya setiap tahun.

7. Hindari pemakaian headset

Tahukah Anda, suara keras juga bisa memperparah kondisi jantung. Studi telah menunjukkan suara keras seperti musik yang terlalu tinggi dapat meningkatkan detak jantung, sehingga mempengaruhi tekanan darah Anda. Sebaliknya, tempo dan suara yang lamban bisa memberi dampak menenangkan pada pikiran dan kesehatan Anda.

8. Jauhi gadget

Gadget memiliki dampak buruk pada kesehatan dan ini telah terbukti berkali-kali oleh berbagai penelitian. Namun, tidak mungkin untuk menghindari gadget, mengingat kehidupan digital dan perkembangan teknologi selalu hadir dalam kehidupan Anda.

Jadi, buat aturan untuk menghindari gadget. Sebab, cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget secara signifikan dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan masalah jantung. Selain itu, hal itu bisa mengganggu pola tidur.

9. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi lima porsi buah segar, sayuran, buah kering, kacang-kacangan, dan biji dalam sehari sangat membantu menjaga kesehatan jantung.

Semua makanan olahan seperti kue, roti, dan roti tepung olahan perlu dihindari dari menu makanan Anda, khususnya minuman yang mengandung gula, seperti soda dan jus kemasan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti mengonsumsi karena gula padat tanpa serat buah tidak baik untuk kesehatan jantung

10. Berolahraga

Olahraga merupakan cara yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Anda perlu berolahraga dan bergerak seperti melakukan yoga, menari, berenang, berjalan cepat, atau bersepeda bisa jadi alternatif untuk berolahrga.

Anda harus memanjakan diri dalam latihan intensitas selama 30 menit, setidaknya lima hari dalam seminggu. Hal ini telah direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia untuk semua orang dewasa yang berusia antara 18 dan 64 tahun.

Jika Anda menikmati latihan dengan intensitas tinggi bisa memiliki keuntungan yang sehat dan baik untuk jantung, serta terhindari penyakit lain, seperti depresi, diabetes, dan kanker payudara. Demikian ditulis situs Sindonews.

Baca Juga:

Musim Pancaroba Sering Bikin Flu, Antisipasi dengan Hindari Jajan Sembarangan dan 2 Hal Ini
4 Bumbu Rahasia Kelezatan Hidangan Sate Khas Indonesia
Pertama Kali Diving, Raisa Lihat Pari Manta Sampai Joget-Joget
Berwisata ke Hutan Madapi, Serasa Berada di Film Twilight

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini