Sakit Melanda karena PMS? Coba Atasi dengan 5 Makanan Ini

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 03 481 1787987 sakit-melanda-karena-pms-coba-atasi-dengan-5-makanan-ini-j91GkFy4z2.jpg Ilustrasi PMS (Foto: Today)

SETIAP wanita, setiap bulannya pasti kedatangan tamu bulanan atau menstruasi. Di mana bagi beberapa wanita, tamu bulanan ini disertai dengan gejala pre menstrual syndrome atau biasa disebut PMS.

Biasanya gejala PMS tersebut hadir dengan bentuk yang beragam, mulai dari sakit di area perut, lalu pusing di kepala, lemas, kram, sampai adanya perubahan mood yang drastis dalam waktu singkat.

Well, jangan dahulu merasa pusing ataupun menenggak obat-obatan jika Anda masuk dalam kategori wanita yang disebutkan di atas. Sebab, gejala PMS tersebut sebenarnya bisa kok diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang direkomendasikan oleh hasil penelitian. Apa saja? Baca penjelasannya di berikut ini, sebagaimana dikutip Prevention, Selasa (3/10/2017).

Selai kacang

Sering merasa murung dan tidak bersemangan menjelang hari-hari datangnya menstruasi? Temukan mood positif dalam diri yang hilang tersebut, dengan mengonsumsi kacang dan selai kacang. Kacang disebutkan memiliki kandungan vitamin B6 dan magnesium yang tinggi, di mana magnesium inilah yang bisa membantu untuk memperbaiki mood karena magnesium lah yang mengatur serotonin, yakni penstabil mood alami untuk membantu memerangi depresi.

Sementara kehadiran vitamin B6 juga membantu untuk membantu mengatur fungsi tidur dalam tubuh, karena menghasilkan hormon melatonin. Meningkatkan asupan magnesium, kalsium, dan vitamin B6 dalam makanan yang dikonsumsi rutin juga bisa mengurangi atau memberhentikan rasa kram yang sering menyerang menjelang menstruasi.

Bayam 

Timbulnya jerawat, biasanya jadi salah satu gejala PMS yang paling sering ditemui. Untuk membantu memerangi jerawat PMS ini, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak lagi sayur bayam. Bayam hijau hadir dengan kandungan vitamin A yang tidak hanya membantu melawan jerawat, kulit kering, tapi juga melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV matahari. Belum lagi kandungan kalsium yang terdapat di dalamnya, di mana menurut hasil sebuah studi menyebutkan juga bisa membantu untuk mengatasi gejala PMS mulai dari keram, moody, sakit kepala, hingga rasa lapar yang berlebihan.

Ikan salmon segar

Mudah lemas? Merasa tidak bersemangat? Perangi gejala PMS satu ini dengan asupan ikan salmon. Salmon dengan asam lemak tinggi omega 3 diketahui dapat membantu untuk memperbaiki mood dan fungsi otak. Ditambah lagi dengan kehadiran vitamin B tinggi yang membantu untuk meningkatkan energi dalam tubuh, serta vitamin D yang berfungsi untuk mengurangi stres dan rasa tegang.

Dark chocolate 

Ingin ngemil? Pilihlah dark chocolate sebagai kudapan, pasalnya cokelat satu ini tinggi akan kandungan zat anti-oksidan untuk meningkatkan sirkulasi peredaran darah, sekaligus menurunkan tekanan darah.

Pisang 

Biasanya wanita akan mengalami rasa keram pada waktu sehari atau dua hari, sebelum hari menstruasi datang. Nah, jika langganan merasa keram menjelang menstruasi, santaplah buah pisang. Dengan kandungan potassium yang tinggi, pisang bisa menjadi penyelamat alami ketika mengalami situasi keram PMS.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini