Batang Serai Bisa Dipakai untuk Aroma Pembersih Lantai dan Mengusir Serangga!

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 04 196 1788610 batang-serai-bisa-dipakai-untuk-aroma-pembersih-lantai-dan-mengusir-serangga-Sssyt96ldz.jpg Serai (Foto: Wag)

TANPA disadari lantai menjadi tempat berkembanganya kuman. Padahal, lantai rumah merupakan tempat yang paling sering digunakan untuk beraktivitas di dalam rumah.

Dalam membersihkan lantai, ternyata sabun pembersih dan aroma wangi saja tidak cukup, perlu ada tambahan aroma dan bahan ekstra untuk membuat kuman mati dan bebas serangga.

BACA JUGA:

Dokter, dr. Kartika Mayasari menekankan penting sekali menjaga sanitasi rumah karena sanitasi atau kebersihan rumah adalah kunci untuk memelihara kesehatan keluarga. Rumah yang kotor rentan berkembangnya kuman, serangga, dan penyakit. Hal itu tentunya berbahaya bagi perkembangan anak yang cenderung suka bermain di lantai. Ia pun mengungkap bahwa bahan alami sereh baik untuk menjaga kebersihan lantai.

"Kandungan alami minyak sereh atau Citronella terbukti mampu mengusir serangga seperti nyamuk, kecoak, lalat, dan semut. Selain itu sereh telah teruji dapat membunuh kuman dan membersihkan lantai secara efektif," kata dokter Kartika Kepada Okezone saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Berdasarkan penelitian, sereh merupakan salah satu tanaman yang memiliki seribu manfaat. Dari manfaat anti bakteri, anti jamur serta antioksidan. Tenaman ini menghasilkan minyak atsiri yang ditakuti oleh serangga. Citronella dan geraniol merupakan bahan aktif dalam sereh yang tidak disukai dan sangat dihindari serangga sehingga penggunaan bahan-bahan alami ini sangat bermanfaat sebagai bahan pengusir serangga.

"Contohnya adalah nyamuk yang mengincar mangsanya mengandalkan daya cium dan panas tubuh calon korban. Zat sitronela yang ada pada sereh ini sangat dibenci oleh nyamuk, maka menghadirkan aroma ini sudah sering dipakai sebagai pengusir serangga, dan memiliki kelebihan dibanding penggunaan pengusir nyamuk lainnya," jelasnya.

BACA JUGA:

Minyak sereh berasal dari bahan alami karena relatif lebih aman dibanding pengusir nyamuk yang tidak berasal dari bahan alami. Sebagain besar pengusir nyamuk mengandung insektisida yang berdampak pada pernapasan.

"Pembersih lantai yang memiliki kandungan alami sereh terbukti mampu mengusir serangga tetapi juga tidak berbahaya untuk digunakan. Pembersih lantai serai memastikan kebersihan rumah terlindungi dari kuman dan serangga sehingga tidak perlu khawatir beraktivitas di lantai," imbuhnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini