nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Trik Ampuh Menata Dapur Minimalis, Manfaatkan Atas Lemari Jadi Solusi Mudah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 19:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 04 196 1788834 5-trik-ampuh-menata-dapur-minimalis-manfaatkan-atas-lemari-jadi-solusi-mudah-vdUauwzLVh.jpg

DAPUR merupakan salah satu ruangan yang sangat krusial karena hampir setiap hari Anda melakukan aktivitas di ruangan tersebut. Jika dapur Anda terasa kurang nyaman, hal ini tentunya akan berdampak pada proses memasak. Apalagi jika Anda memiliki dapur berukuran mungil atau minimalis.

Untuk menata dapur agar lebih baik dan nyaman, ada beberapa trik ampuh yang dapat Anda praktikkan di rumah. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari The Kitchn, Rabu (4/10/2017).

Manfaatkan jendela dapur

Meski ruangan cenderung sempit, usahakan untuk menyediakan jendela pada dapur Anda. Selain untuk sirkulasi udara dan membiarkan cahaya masuk, jendela juga bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan ‘darurat’. Anda bisa menaruh beberapa buku masak di depan jendela, sehingga dapat menyisakan sedikit tempat di lemari penyimpanan atau kabinet.

Breakfast bar 

Ketika Anda hendak memasak atau menyajikan hidangan dengan cepat, perabotan seringkali menjadi kendala utama yang dapat menghambat proses tersebut. Solusinya adalah dengan menyediakan breakfast bar. Anda bisa mempertimbangkan meja lipat agar mudah dikemas saat tidak digunakan. 

Manfaatkan bagian atas lemari

Jika lemari Anda penuh, coba manfaatkan bagian atas lemari untuk menyimpan piring-piring besar atau apapun yang tidak sering Anda gunakan. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan bahwa bagian atas lemari memiliki permukaan yang datar sehingga aman untuk menyimpan barang pecah belah.

Letakkan rak penyimpanan di sudut ruangan

Memiliki ruangan yang sempit atau mungil bukan berarti Anda tidak dapat menyimpan banyak barang di dalamnya. Yang perlu Anda lakukan cukup meletakkan rak-rak penyimpanan di sudut-sudut ruangan atau di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

BACA JUGA:

Manfaatkan dinding dapur

Anda juga bisa memanfaatkan dinding dapur untuk menyimpan benda-benda tajam seperti pisau, botol saus, hingga toples berisi bumbu rempah-rempah. Caranya pun sangat mudah. Cukup gantungkan benda-benda tersebut di dinding dapur atau dengan memanfaatkan gantungan kayu.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini