Bang Napi Tutup Usia, Ini Fakta-Fakta tentang Penyakit Diabetes yang Mematikan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 04 481 1788298 bang-napi-tutup-usia-ini-fakta-fakta-tentang-penyakit-diabetes-yang-mematikan-YD10opcqsd.jpg Bang Napi Meninggal Dunia (Foto: Dok RCTI)

KABAR duka datang dari ranah pertelevisian. Presenter Arie Hendrosaputro atau yang biasa dikenal dengan “Bang Napi” tutup usia pada Selasa (3/10/2017). Penyakit diabetes lah yang menjadi faktor penyebab meninggalnya pria yang terkenal dengan jargon “Waspadalah” itu.

Bicara mengenai diabetes, rasanya penyakit ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat sekarang. Tidak hanya mereka yang berusia senja yang menderita masalah kesehatan ini, banyak juga orang dewasa bahkan anak kecil yang menderita penyakit ini.

Jika merujuk pada data WHO, tidak heran kalau ternyata diabetes memang penyakit paling banyak diderita masyarakat. Selain itu, penyakit ini pun merupakan penyakit tidak menular penyebab kematian nomor satu di dunia.

Data WHO menyebutkan bahwa diabetes membunuh 1,6 juta orang pada 2015, jauh lebih tinggi dibanding tahun 2000 dengan data kematian 1 juta orang. Dikutip dari laman resmi WHO internasional, Rabu (4/10/2017), diabetes berada di urutan keenam penyebab kematian global pada 2015.

Sementara itu, urutan 10 teratas penyakit penyebab kematian di dunia 2015, yang sebabkan 56,4 juta kematian di seluruh dunia, menurut lembar fakta WHO antara lain: penyakit jantung iskemik, stroke, infeksi saluran napas bawah, penyakit paru obstruktif kronis, kanker paru, diabetes mellitus, demensia alzheimer, diare, TB, dan kecelakaan di jalan.

Faktanya lagi, diabetes bisa menyerang siapa saja. Tidak mengenal usia, jenis kelamin, atau status hidup seseorang.

Dari beragam jenis diabetes, diabetes tipe 1 muncul karena faktor genetik dan bisa diidap sejak kecil. Sementara itu, diabetes yang paling banyak dialami terjadi karena gaya hidup yang memicu diabetes tipe 2. Ada juga diabetes gestasional yang biasa diidap ibu hamil.

Diabetes yang dipicu gaya hidup dapat muncul karena berbagai faktor, seperti berat badan berlebih, kadar kolesterol berlebih, pola makan tidak sehat, tekanan darah tinggi, dan kurangnya aktivitas fisik. Bersamaan dengan itu, pertambahan usia juga meningkatkan risiko mengalami diabetes dan komplikasinya yang memicu kematian.

Lebih lanjut, khusus pada pria, ternyata diabetes juga bisa berpengaruh pada fungsi ereksi. Mereka yang mengidap diabetes, kebanyakan mengalami disfungsi ereksi karena adanya gangguan peredaran darah di alat vital.

Sebagai informasi, Bang Napi meninggal di Rumah sakit Puri Cinere, Depok, Jawa Barat sekira pukul 10.40 WIB. Presenter cantik Isyana Bagoes Oka sempat mengenang sosok Bang Napi lewat Instagram pribadinya. Jargon khasnya yang begitu melekat pada sosok Bang Napi yakni 'Waspadalah'.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini