nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Ungkap Dampak Zumba Terhadap Kualitas Hidup Seseorang

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 20:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 04 481 1788859 ilmuwan-ungkap-dampak-zumba-terhadap-kualitas-hidup-seseorang-UXEuEAvVSA.jpg Zumba (Foto: Shillongtimes)

SEIRING berjalannya waktu, zumba semakin populer di kalangan masyarakat. Banyak orang yang berminat untuk melakukan kegiatan menari dan kebugaran tersebut. Selain membantu tubuh untuk bergerak, ternyata zumba juga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang yang menjalaninya.

Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan akademisi dari Spanyol. Menurut mereka, menghadiri tiga kelas zumba selama seminggu dapat membuat seseorang merasa senang yang tentunya berdampak positif pada kualitas hidupnya. Rasa senang yang mereka dapatkan bisa bertahan hingga dua bulan lamanya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Health Education Journal itu didapat setelah ilmuwan melakukan uji coba terhadap 60 orang pekerja di University of Granada, Spanyol. Sebelumnya para pekerja itu tidak aktif berolahraga. Para ilmuwan meminta mereka untuk mengikuti kelas zumba selama lima minggu. Kelas tersebut dipandu oleh seorang instruktur kebugaran bersertifikat dengan durasi satu jam setiap hari.

Para ilmuwan sangat antusias untuk melihat dampak rutinitas tarian terhadap kualitas hidup dari waktu ke waktu. Ilmuwan membaginya ke dalam beberapa aspek yaitu keadaan sosial, emosional, fisik, nyeri tubuh, fungsi fisik, vitalitas, kesehatan mental, dan kesehatan umum. Dari hasil yang didapatkan, terungkap bahwa zumba meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan terutama aspek emosional.

Sebelum mengikuti kelas zumba, aspek emosional merupakan aspek dengan nilai yang lebih rendah di antara para pekerja. Namun setelah mengikuti kelas tersebut, nilai aspek emosional menjadi yang paling tinggi. Oleh karena itu, zumba diyakini bisa melakukan perbaikan yang lebih besar. Untuk mempelajari lebih lanjut, para ilmuwan juga tengah melakukan penelitian yang lebih lama dan bekerja sama dengan tim dari salah satu universitas di Ekuador.

Melansir dari Daily Mail, Rabu (4/10/2017), berdasarkan temuan ini pihak kesehatan masyarakat di Inggris mendukung adanya kelas zumba di rumah sakit. Nantinya pasien akan dapat menghadiri kelas zumba. Langkah ini dilakukan guna mempelopori berbagai skema yang telah disiapkan untuk memperbaiki kesehatan masyarakat. Terlebih banyak masyarakat Inggris yang mengikuti kelas tersebut, kira-kira 15 juta orang setiap minggunya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini