nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Emosi di Tempat Kerja Bisa Picu Stres Hingga Gangguan Perilaku

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 14:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 05 196 1789340 sering-emosi-di-tempat-kerja-bisa-picu-stres-hingga-gangguan-perilaku-NtQfwo8ntI.jpg

SEORANG pekerja, sangat rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Mereka kerap mengeluh stres yang berdampak buruk pada dirinya.

Ada banyak faktor penyebab seorang pekerja mudah stres. Paling sering, mereka awalnya mengalami emosi akibat stres yang tinggi, karena beban kerjanya yang besar.

Beberapa faktor lain juga mempengaruhi terjadinya stres yang nantinya dapat  menurunkan performa pekerjaannya. Banyak akibat yang dialami seorang pekerja yang stres. Seperti apa saja?

"Akibat stres yang terjadi membuat pekerja jadi emosi, cemas, panik, mudah marah, mudah tersinggung, rasa percaya diri menurun, serta mengalami gangguan perilaku yang tidak wajar," kata Ketua Pengurus Pusat Persatuan Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia dr Eka Viora, SpKj di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

BACA JUGA:

Tak hanya gangguan mental, fisik seseorang juga bisa terganggu. Para pekerja akibat stres akan melakukan gaya hidup tidak sehat. 

Mereka sangat berisiko diabetes, hipertensi, dan penyakit fisik lainnya dalam jangka panjang. Tentu hal ini harus dapat dicegah agar tak berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental.

Adapun dampak bagi pekerjaannya, produktivitasnya terganggu. Tingkat absensi juga sangat tinggi dan terjadi bullying di tempat kerja.

Lebih-lebih, pekerja akan merasa bosan bekerja dan akhirnya sering pindah perusahaan dalam waktu dekat. Risiko tingkat depresi juga cukup besar bagi seorang pekerja.

Untuk mencegahnya, Anda harus dapat mengelola manajemen stres agar tak berdampak buruk. Hal yang paling penting dilakukan yakni kelola stres dengan cara positif thinking.

"Seorang pekerja harus positif thinking supaya terhindar dari stres yang berdampak buruk pada kesehatannya," tegasnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini