nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FOOD STORY: Mengenal Nasi Jemblung Lidah Khas Solo yang Rasa & Cara Penyajiannya Unik

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 06:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 05 298 1789388 food-story-mengenal-nasi-jemblung-lidah-khas-solo-yang-rasa-cara-penyajiannya-unik-x4O2wZaCJl.jpg Nasi jemblung khas Solo (Foto:Mymagz)

 

JIKA ditelusuri satu persatu kuliner khas Indonesia pasti tidak akan ada habisnya. Berbagai makanan lezat siap menggoyang lidah. Tapi saking banyaknya kadang ada beberapa makanan khas yang tidak dikenal padahal itu adalah salah satu makanan yang populer di daerahnya.

Coba sebut nasi jemblung, mungkin hanya beberapa orang yang tahu soal makanan ini. Nasi jemblung lidah adalah satu makanan khas Solo yang memiliki sejarah panjang. Konon kabarnya nasi jemblung ini dahulu hanya bisa disantap oleh kalangan bangsawan.

Merujuk pada buku 80 Warisan Kuliner Nusantara yang disusun oleh Semijati Purwadaria, Jumat (6/10/2017) nasi jemblung lidah termasuk masakan kuno yang dulunya digemari dan hanya bisa disantap oleh kalangan bangsawan saja. Tapi kini nasi jemblung bisa dinikmati siapapun, jadi tak heran banyak orang yang mencari nasi jemblung kala menyambangi Kota Solo.

Seporsi nasi jemblung berisi nasi yang disajikan di atas piring beralas daun pisang. Uniknya, nasi dicetak dengan bentuk melingkar seperti donat. Inilah alasan kenapa disebut nasi jemblung karena dalam bahasa Jawa jemblung berarti melingkar di tengah.

BACA JUGA:

Sebelum Perut Keroncongan Minta Camilan, Coba Bikin Jamur Krispi Buat Sore Ini Yuk

Meski diberi lubang di bagian tengahnya, tapi nasi tidak dibiarkan kosong melainkan diisi dengan olahan lidah sapi. Campuran lidah dan daging sapi berwarna kecoklatan ini diolah mirip seperti bistik dan semur. Olahan ini jelas mendapat pengaruh seni kuliner ala Belanda.

Sisi tradisionalnya tetap kuat karena nasi jemblung tak pernah terlewat disajikan dengan sambal terasi, lalapan mentimun dan tomat serta kerupuk rambat yang melengkapi lezatnya nasi jemblung.

BACA JUGA:

Halloween Segera Tiba, Marsmallow Kucing Horor Ini Siap Meramaikan Pesta

Cara menyantapnya juga unik karena nasi harus dibelah menjadi dua lalu baru disantap sedikit demi sedikit bersama daging dan lidah yang disajikan. Tekstur dagingnya cukup empuk dengan cita rasa yang dominan manis dan segar.

Di daerah asalnya Solo nasi jemblung selalu jadi incaran banyak orang, namun sayang hanya ada beberapa rumah makan yang menyajikan menu spesial ini. Di rumah pun menu ini bukan termasuk menu sehari-hari, tetapi kala ada perayaan adat atau upacara keagamaan, nasi jemblung tak pernah absen dari suguhan nikmat bersama menu khas lainnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini