nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesal dengan Panci yang Lengket dan Berkerak ? Bersihkan dengan Cara Ini Yuk!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 04:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 05 298 1789546 kesal-dengan-panci-yang-lengket-dan-berkerak-bersihkan-dengan-cara-ini-yuk-CnCK3iTEm5.jpg Panci gosong (Foto: Homeonehowto)

ALAT memasak yang digunakan setiap hari, sebagus apapun pasti suatu saat akan juga mengalami perubahan tampilan. Entah itu warnanya yang memudar, mulai terkelupas, atau bahkan berubah warna.

Seperti salah satunya panci yang bisa dibilang langganan untuk menjadi hitam berkerak karena masakan yang dibuat gosong terbakar, alias overcooked.

Masalah panci yang berkerak serta menghitam ini, rasanya bisa dibilang menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh setiap ibu rumah tangga. Jika Anda salah satunya, jangan dulu kesal melihat panci berkerak bernoda di rumah tersebut, karena dengan sedikit trik yang tepat, panci berkerak yang lengket tersebut bisa kok dibersihkan. Bagaimana caranya? Intip triknya di bawah ini yuk!

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan;

Cuka putih;

Baking soda;

Air;

Sponge pembersih (dua sisi-halus dan kasar);

Langkah petunjuk ;

1. Isi dan penuhi panci dengan air, tingkat kepenuhan air tergantung dengan besar-kecil, dalamnya panci yang hendak dibersihkan. Pastikan saja, level air sudah mencapai di titik batas tinggi noda kerak hitam yang ingin dihilangkan tersebut, agar masih tersedia ruang untuk cuka dan baking soda.

2. Setelah terisi dengan air, masukkan 1 cup cuka (sekira 257ml). Cocokkan saja tingkat kedalaman panci dan area yang bernoda. Jika kerak gosong tersebut besar sekali, Anda bisa tambahkan cuka lebih banyak lagi. Setelah itu, tempatkan panci di atas kompor, rebus selama beberapa saat di atas api. Tidak butuh waktu lama, akan mulai terlihat perbedaan pada kerak-kerak noda tersebut.

3. Setelah beberapa saat direbus, matikan api kompor. Lalu masukkan 2-3 sendok makan baking soda ke dalam campuran yang di dalam panci tadi. Biarkan baking soda tersebut meruap lalu biarkan baking soda ini bekerja selama beberapa menit, sebelum cairan panci dibuang.

4. Terakhir, setelah cairan di dalam panci sudah ditiriskan. Ambil sponge pembersih, gunakan bagian sisi yang kasar lalu mulailah menggosok bagian noda kerak di panci selama kurang lebih 30-45 detik. Jika masih terasa keras untuk digosok, taburkan lagi sedikit baking soda di atas noda membandel tersebut. Setelah noda kerak sudah hilang dan panci dirasa cukup bersih, bilas panci dengan air sampai bersih. Voila! Panci berkerak dan bernoda yang bikin kesal ini, akan terlihat seperti panci yang baru. Demikian sebagaimana dikutip Sheknows, Jumat (6/10/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini