Cuaca Dingin Rentan Sakit Otot, Ayo Cegah dengan 7 Cara Ini, Coba Berendam Air Garam

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 481 1789175 cuaca-dingin-rentan-sakit-otot-ayo-cegah-dengan-7-cara-ini-coba-berendam-air-garam-PTJduU4okw.jpg Berendam air garam untuk mencegah sakit otot (Foto:Shutterstock)

SAAT hujan, cuaca sangat dingin dan membuat Anda rentan sakit otot dan kena penyakit infeksi bila sistem kekebalan tubuh lemah. Tapi Anda tak perlu khawatir mengalaminya dengan cara menjaga kesehatan sepanjang Hari.

Ada banyak penyakit yang tiba-tiba muncul saat musim hujan. Mulai dari flu, batuk, pilek, kulit gatal, dan gangguan penyakit lainnya. Penyakit ini sangat mudah menularkan ke orang lain. Untuk itu, Anda harus mencegah supaya aktivitas tetap nyaman dan lancar.

Terlepas dari gangguan flu dan batuk, Anda juga rentan mengalami nyeri di bagian tubuh, terutama saraf dan otot. Apalagi kalau cuaca sangat dingin usai hujan.

Tubuh Anda juga mudah mengalami letih, lesu dan rasa lelah berlebihan. Hal ini tentu membuat Anda tak nyaman beraktivitas.

Untuk menangkal semuanya, Anda bisa melakukan tips berikut ini jika tak ingin sakit saat musim hujan. Berikut 7 ulasannya, dilansir Boldsky, Kamis (5/10/2017).

BACA JUGA:

Pemerintah Perpanjang Imunisasi Massal Campak dan Rubella, Mengapa?

Ilmuwan Ungkap Dampak Zumba Terhadap Kualitas Hidup Seseorang

Jahe

Rebus satu ruas jahe yang telah digeprek dengan secangkir air selama 15 menit di dalam panci. Kalau sudah mendidih, tambahkan satu sendok madu ke dalamnya dan minumlah. Campuran ini bisa mengurangi peradangan dan nyeri sendi saat cuaca dingin di musim hujan.

Stretching

Coba lakukan latihan peregangan untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan. Anda juga harus tetap melakukan aktivitas fisik untuk mencegah nyeri otot yang sangat mengganggu.

Bawang putih

Makan bawang putih juga membantu Anda melawan nyeri otot. Bawang putih bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi efek nyeri. Tambahkan bawang putih ke dalam setiap masakan Anda agar rasanya lezat, sekaligus mencegah penyakit.

Makanan sumber vitamin C

Jangan lupa mengonsumsi makanan bersumber vitamin C, seperti jeruk, srrawberry, cabe rawit, lemon dan beberapa jenis makanan lain yang mengandung vitamin C. Makanan ini dapat meningkatkan energi dan mampu melawan penyakit infeksi.

BACA JUGA:

Baru Pulih Pasca Jalani Transplantasi, Selena Gomez Langsung Latihan Tinju

Mengenal 11 Teknik Pijat dan Manfaatnya, dari Indonesia hingga Tiongkok

Berendam air garam

Cobalah berendamlah di dalam bath up yang dicampur dengan garam laut. Kandungan magnesium dalam garam dapat membantu otot Anda rileks, sehingga mencegah rasa nyeri otot yang mengganggu.

Protein

Jika Anda mengalami nyeri pada otot Anda, coba konsumsi makanan sumber protein secara teratur. Makanlah ikan, telur, kacang-kacangan dan aneka pilihan daging favorit. Makanan ini tetap menjaga otot agar tetap kuat dan nyaman beraktivitas.

Minum air putih

Anda yang mengalami dehidrasi dapat memperburuk otot Anda. Maka jagalaj dengan cara banyak minum air putih secara teratur. Disarankan Anda minum lebih dari 8 gelas sehari secara berkala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini