Cerita Demi Lovato yang Mencintai Brazilian Jiu-Jitsu dan Bisa Mengubah Hidupnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 481 1789237 cerita-demi-lovato-yang-mencintai-brazilian-jiu-jitsu-dan-bisa-mengubah-hidupnya-lJi6GyKIYR.jpg Demi Lovato (Foto: Dailymail)

MASYARAKAT dunia mungkin tidak asing lagi dengan nama Demi Lovato. Setiap mengeluarkan karya, pastinya punya tempat tersendiri di hati penggemarnya. Bahkan, sekarang ini hits Demi Lovato “Sorry Not Sorry” menduduki peringkat 40 besar Hits Mancanegara.

Bukan hanya karena karyanya, Demi juga terkenal karena pengakuan dirinya tentang kesehatan yang diderita. Bintang Disney ini mengaku pernah mengalami depresi berat sampai melukai diri sendiri, gangguan makan akibat bullying yang diterima, gangguan bipolar, sampai kecanduan obat-obatan terlarang.

Namun, Demi bangkit dari masalah tersebut. Dia membuktikan ke dunia pun pada dirinya sendiri bahwa dirinya bisa terlepas dari masalah itu.

http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2017/10/04/22/450A1BD300000578-4949946-image-m-36_1507153106141.jpg

Salah satu pembuktian dirinya adalah belum lama ini Demi baru saja mendapatkan sabuk biru di Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ). Dalam postingan yang dipublish Demi, dia terlihat berpose selfie tanpa makeup. Dalam captionnya Demi berterima kasih pada timnya, termasuk sang juara dunia dalam olahraga tersebut, yang telah membantunya menekuni olahraga tersebut beberapa kali dalam seminggu. “Saya jatuh cinta pada BJJ,” tulisnya.

Di samping Muay Thai, tinju, pertempuran melawan MMA, pelatihan fungsional, dan lini busananya sendiri dengan merek kreatif Kate Hudson, Fabletics, penyanyi pop ini sudah menekuni BJJ lebih dari setahun yang lalu.

Dia menerima sabuknya dua hari setelah menyanyikan lagu kebangsaan pada pertarungan Mayweather vs McGregor pada Agustus kemarin. Diakui Demi, dia adalah penggemar berat olahraga yang didominasi laki-laki itu. Namun, fakta tersebut tidak membuat Demi malah takut untuk mau menyukainya. 

Demi pernah berbicara sebelumnya tentang pentingnya berolahraga untuk kesehatan mentalnya, menasihati orang-orang yang mengidap depresi, kegelisahan atau tekanan untuk mau melakukan hal yang sama.

“Saya berolahraga sendiri karena cara itu membuat saya bisa melepaskan serotonin [zat kimia yang menyenangkan di otak]. Penting juga merawat fisik sekaligus mental," katanya kepada Daily Mail, Kamis (5/10/2017).

Apa yang disukai Demi tentang Jiu-jitsu dan MMA salah satunya adalah olahraga ini tidak akan membuat Anda bosan. “Saat Anda berguling dengan seseorang, Anda terus memikirkan hal untuk bisa mempertahankan diri atau menyerang balik, jadi ini semacam meditasi dengan cara yang berbeda. Namun, ini juga latihan yang hebat saat Anda berlatih dengan sungguh-sungguh,” sambung Demi.

Nah, yang perlu Anda ketahui adalah siapa orang di balik kecintaan Demi pada BJJ. Adalah Tarsis Humphreys. Tarsis sendiri sudah memegang sabuk hitam tiga kali dalam Juara Dunia BJJ.

Dia berbicara secara eksklusif tentang mengapa Demi jatuh cinta pada olahraga ini. Dijelaskan Tarsis, Demi tertarik dengan olahraga tersebut setelah ikut berlatih dengannya.

Satu tahun pertama, Demi masih tergolong pemula di BJJ. Sebab, tidak mudah untuk bisa naik tingkat di olahraga ini. Anda perlu bertahun-tahun untuk meningkatkan kemampuan, tapi Demi melakukan semua itu dengan baik.

“Dia cerdas dan belajar sangat cepat. Jika dia ingin bersaing, saya tidak tahu apakah itu tujuannya, dia akan menjadi pesaing yang luar biasa. Dia berlatih hampir setiap hari selama seminggu setidaknya dua jam," kata Humphreys. Dia melanjutkan, kebanyakan orang berlatih satu jam sehari dalam tiga kali seminggu, tapi dia sangat kuat. Dia melakukan Muay Thai, tinju, kardio, pelatihan fungsional sekaligus!

Brazilian Jiu-Jitsu bisa mengubah tubuh Anda

Dalam olahraga ini, Anda tidak memerlukan tipe bentuk tubuh apapun untuk bisa melakukan BJJ. Misalnya begini, jika Anda ingin bermain basket, maka Anda harus tinggi. Begitu juga dengan sepak bola yang harus memiliki kemampuan kaki cepat dan kekuatan yang baik.

"Anda tetap bisa fit dengan BJJ. Sebab, olahraga ini membakar banyak kalori dan ini adalah olahraga lengkap yang menggunakan setiap bagian tubuh dari tangan sampai kaki, semuanya aktif,” ungkap Humphreys.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini