Tak Hanya Teh Hijau, Minum Teh Hitam Juga Bisa Turunkan Berat Badan!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 481 1789312 tak-hanya-teh-hijau-minum-teh-hitam-juga-bisa-turunkan-berat-badan-GDkZkZIRzi.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

SELAMA ini teh hitam selalu dikaitkan sebagai salah satu minuman yang ampuh untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Beberapa penelitian mengatakan, teh jenis ini memiliki manfaat yang sama besarnya dengan olahan teh hijau.

Para peneliti menemukan bahwa bahan kimia yang ada di dalam teh hitam yang disebut polifenol, dipercaya ampuh mengubah metabolisme energi di hati yakni, dengan mengubah metabolit usus.

Sebelumnya, diketahui bahwa polifenol yang terkandung pada teh hijau dianggap lebih efektif dan menawarkan beragam manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada polifenol teh hitam. Hal ini disebabkan karena bahan kimia yang terdapat pada teh hijau akan diserap ke dalam darah dan jaringan.

“Temuan baru kami menunjukkan jika teh hitam, melalui mekanisme spesifik melalui mikrobioma usus, juga dapat meningkatkan kesehatan dan penurunan berat badan pada manusia,” tutur Susanne Henning, Profeso di Univeristy of California Los Angeles (UCLA).

Ia menambahkan, “Hasil penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dan teh hitam adalah termasuk prebiotik, zat yang mampu mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik, yang berkontribusi terhadap kesehatan seseorang.”

Penelitian yang dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition ini melakukan uji coba pada beberapa tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan mengandung gula. Tikus-tikus tersebut kemudian diharuskan untuk meminum teh hijau atau ekstrak teh hitam yang telah disediakan.

Hasilnya pun cukup mengejutkan, dampak dari uji coba ini ternyata meningkatkan produksi bakteri yang mampu mengurangi risiko obesitas, sehingga tubuh puh terhindar dari lemak yang menumpuk.

Namun, hanya tikus yang mengonsumsi ekstrak teh hitam lah yang mengalami peningkatan bakteri jenis Pseudobutyrivibrio. Bakteri inilah yang membantu menjelaskan perbedaan kinerja antara teh hijau dan teh hitam dalam mengubah metabolisme energi di dalam tubuh.

“Temuan ini menunjukkan bahwa manfaat kesehatan kedua teh ternyata berhasil melampaui manfaat antioksidan, dan keduanya memiliki dampak yang kuat pada mikrobiom usus,” pungkas Zhaoping Li, Direktur Pusat Nutrisi UCLA. Demikian dilansir dari Indian Express, Kamis (5/10/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini