nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesona Tenun Ulap Doyo, Kain Tradisional Suku Dayak Berbahan Daun

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 07:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 06 194 1789728 pesona-tenun-ulap-doyo-kain-tradisional-suku-dayak-berbahan-daun-FaURa5YMiD.jpg

INDONESIA punya kekayaan yang tidak terkira jumlahnya, termasuk dalam hal kerajinan kain tradisionalnya.

Sebut saja produk tenun, di Indonesia sendiri banyak produk tenun yang datang dengan pesonanya masing-masing, termasuk tenun ulap doyo yang merupakan kain tradisional masyarakat suku Dayak Benuaq di Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Tenun ulap doyo merupakan kain tradisional masyarakat Suku Dayak Benuaq yang bermukim di Kutai Barat, Kalimantan Timur. Kain ini dibuat dengan teknik tenun ikat dan melalui proses pewarnaan membentuk ragam hias tertentu lalu ditenun menjadi lembaran kain.

(Baca Juga: Jejak Laksamana Ceng Ho di Tarakan, Ornamen Naga di Rumah Adat Dayak)

Seperti kain tradisional pada umumnya, proses pembuatan tenun doyo membutuhkan waktu yang lama yakni sekira 1 bulan dengan 20 tahapan. Dimulai dari pemetikan daun doyo yang kemudian diolah menjadi benang hingga ditenun menjadi selembar kain.

(Baca Juga: Menguak Misteri Motif Mahluk Halus pada Guratan Tenun Ikat Dayak Iban)

Nama ulap doyo berasal dari tumbuhan sejenis pandan bernama daun doyo yang tumbuh di lahan di pinggiran hutan dan ladang di sekitar Kampung Mancong dan Tanjung Isuy. Adapun pewarna alami yang digunakan berasal dari tumbuhan sekitar, yaitu batang elai, daun teruja, juga serbuk gergaji dari kayu ulin.

Kain tenun ini bisa diaplikasikan menjadi produk tas, pakaian dan berbagai barang kebutuhan lainnya. Uniknya kain ini lebih mirip seperti anyaman namun dengan tekstur yang lebih halus.

(Baca Juga: Mengenal Inspirasi Busana Pengantin dari Suku Dayak)

Karena terbuat dari bahan yang berasal dari alam, kain tenun ini mengedepankan sisi ramah lingkungan. Jadi mengenakan kain ini sama dengan menerapkan konsep penghijauan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini