nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Tips Berwisata Aman Selama Musim Hujan, Jangan Sekali-kali Berteduh di Bawah Pohon

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 07 Oktober 2017 17:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 06 406 1790180 okezone-week-end-tips-berwisata-aman-selama-musim-hujan-jangan-sekali-kali-berteduh-di-bawah-pohon-o0g5BAa7fz.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

SAAT musim hujan tiba, mungkin beberapa aktivitas di luar ruangan Anda menjadi terbatas. Tetapi itu bukan berarti Anda tak bisa berwisata di luar ruangan.

Selama musim hujan, Anda masih bisa bepergian seperti berlibur ke pantai atau bahkan berkunjung ke tempat lainnya. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan beberapa hal selama berwisata di musim hujan.

Agar wisata selama musim hujan Anda berjalan lancar, lakukan beberapa hal di bawah ini seperti dirangkum Okezone:

Persiapkan peralatan anti air

Selama berwisata di musim hujan, pastikan Anda membawa perlengkapan yang sesuai. Mulai dari tas anti hujan, sepatu yang tahan air, hingga payung dan jas hujan yang menjadi kebutuhan utama. Jika tak ingin repot, bawalah payung yang bisa dikemas sekecil mungkin dan tak memakan banyak ruang di dalam tas. Kemudian siapkan kantong anti air untuk melindungi ponsel Anda jika tak menemukan tempat berteduh segera.

Jangan berteduh di bawah pohon

Saat hujan tiba, hindari berteduh di bawah pohon. Selain tidak benar-benar melindungi tubuh Anda dari air hujan, petir cenderung menyambar pohon. Apalagi jika berada di tempat terbuka dan pohon adalah satu-satunya obyek tertinggi di area tersebut. Karena risiko pohon tersebut tersambar petir cukup tinggi. Jika Anda berada di antara banyak pohon, maka berteduhlah di pohon yang paling rendah.

Hindari tempat terbuka

Sebisa mungkin hindari berwisata di tempat terbuka. Agar liburan berjalan lancar, sebaiknya perhatikan dahulu ramalan cuaca setempat. Jika memungkinkan, Anda bisa pergi ke pantai atau area terbuka. Namun jika kemungkinan akan turun hujan, carilah area yang tertutup. Jika ingin berada di tempat terbuka, setidaknya cari yang memiliki tempat berteduh yang mudah dijangkau.

Hindari berenang di pantai

Saat musim hujan, Anda masih bisa berlibur ke pantai. Namun sebaiknya hindari berenang di pantai. Karena menurut para dokter, air laut lebih rentan tercemar bakteri saat musim hujan. Hal ini karena polusi mudah terbawa angina atau badai ke laut, sehingga air laut dengan mudah tercemar. Agar tubuh tetap sehat selama musim hujan, maka hindarilah berenang di laut.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini