nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Minum Air Es Bikin Gemuk? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 06 481 1790370 benarkah-minum-air-es-bikin-gemuk-ini-penjelasan-ahli-gizi-CBCjihUwwi.jpg

BANYAK orang yang percaya bahwa dengan sering meminum air es, maka tubuh cenderung lebih mudah gemuk. Namun benarkah demikian? 

Ahli gizi Leona Victoria mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah mitos. Sebab, baik air hangat maupun air es tidak memiliki perbedaan efek dalam tubuh.

Menurut Leona, yang membuat air es gemuk adalah berasal dari tambahan-tambahannya saja.

"Yang bikin air es dibilang bikin gemuk, biasanya karena es teh manis dan sirup. Tambahan-tambahannya itu yang bikin gemuk," ujar Leona saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017). 

BACA JUGA:

Jadi, jika Anda meminum air es pada siang atau malam hari, tidak akan membuat berat badan bertambah jika tidak diberi tambahan bahan lainnya yang manis. Leona mengatakan, manfaat air dingin dan air hangat di dalam tubuh sama saja. Karena setelah masuk ke dalam tubuh, suhu air akan menyesuaikan tubuh. 

"Sebenarnya tidak masalah. Karena dalam dua jam suhunya akan menyesuaikan dengan tubuh. Jadi tidak akan tetap dingin di dalam lambung, tapi akan sama dengan suhu tubuh," jelas Leona. 

Senada dengan Leona, ahli gizi dari India, Swati Kapoor juga pernah mengatakan bahwa seseorang tak akan gemuk hanya karena meminum air es. Sebab, air tidak mengandung lemak atau karbohidrat.

Air dingin justru disebut dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Melansir dari Practo, saat meminum air dingin, tubuh Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk menyesuaikan suhu seperti suhu air yang normal. Proses inilah yang membuat tubuh membakar kalori untuk menghasilkan energi.

"Meskipun jumlah kalori yang terbakar tidak terlalu banyak," ujarnya. 

Swati melanjutkan, untuk menyesuaikan 500ml air dingin ke suhu hangat, maka tubuh Anda akan membakar 17 kalori saja. Tetapi jika dikalikan dengan frekuensi Anda meminum air dingin, maka jumlah kalori yang terbakar tentu lebih banyak.

Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk takut meminum air es setelah makan atau pada waktu-waktu tertentu. Asalkan tidak ditambah dengan gula atau sirup. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini