nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OKEZONE WEEK-END: Benarkah Keramas Setelah Kehujanan Bisa Cegah Pusing? Berikut Penjelasannya

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 08 Oktober 2017 09:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 06 481 1790394 okezone-week-end-benarkah-keramas-setelah-kehujanan-bisa-cegah-pusing-berikut-penjelasannya-qSaIifn8Wv.jpg

MASIH ingatkah Anda akan nasihat dari orangtua sewaktu musim hujan? Kebanyakan orangtua biasanya menyuruh anak mereka untuk langsung mandi dan keramas jika kehujanan. Keramas dipercaya bisa mencegah sakit kepala atau pusing. Namun benarkah demikian?

Menurut dokter umum dari RSUD Pasar Rebo, dr. Nilam Permata, keramas ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk membunuh bakteri yang ada di rambut. Sebagaimana diketahui, air hujan yang terpapar ke tubuh tidak selamanya bersih. Bisa saja air tersebut terlebih dahulu jatuh ke tempat yang terkontaminasi bakteri. Bakteri tersebut bisa tertinggal di kulit kepala dan menginfeksi. Selain itu, suhu dingin dari air hujan bisa membuat pembuluh darah mengecil yang kemudian mengakibatkan sakit kepala.

“Keramas juga merupakan cara untuk menyamakan suhu tubuh dengan suhu air hujan. Jika tubuh bisa menyamakan suhu, maka kemungkinan pembuluh darah tidak mengecil. Dengan begitu sakit kepala bisa dihindari. Namun semuanya kembali lagi ke daya tahan tubuh seseorang,” ungkap dr Nilam saat dihubungi Okezone melalui pesan singkat, Jumat (6/10/2017).

Jika saat kehujunan daya tahan tubuhnya sedang lemah, walaupun sudah keramas dia tetap bisa mengalami sakit kepala. Bahkan bisa jadi mengalami gejala flu seperti demam, batuk, dan hidung tersumbat. Apalagi di musim hujan orang rentan terserang penyakit.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pakaian yang dikenakan orang tersebut. Pakaian yang dingin jika tidak lekas diganti bisa membuat suhu tubuh semakin rendah yang pada akhirnya membuat orang tersebut jatuh sakit. Maka dari itu, lekaslah membilas tubuh sehabis kehujanan agar bakteri hilang dan berganti pakaian dengan pakaian kering supaya suhu tubuh tidak semakin turun.

BACA JUGA:

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat selama musim hujan, jangan lupa minum banyak air putih agar kebutuhan cairan harian terpenuhi serta istirahat yang cukup. Selain itu, konsumsi makanan yang bernutrisi dan vitamin. Kalau perlu konsumsi jus buah untuk menambah daya tahan tubuh. Jus yang bisa dikonsumsi antara lain jus semangka, jus blueberry, dan jus apel.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini