Share

Ya Ampun, Madu di Seluruh Dunia Sudah Terkontaminasi Pestisida!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 07 Oktober 2017 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 07 298 1790901 ya-ampun-madu-di-seluruh-dunia-sudah-terkontaminasi-pestisida-x2mT7C5OXt.jpg Madu di seluruh dunia terkontaminasi pestisida (Foto:Secrets)

MADU dianggap sebagai bahan alami yang kaya manfaat sehingga bisa menutrisi sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit. Tapi bagaimana ceritanya jika madu yang sarat manfaat ternyata terkontaminasi pestisida?

Dilansir dari TheDailyMeal, Sabtu (7/10/2017) sebuah penelitian menunjukkan populasi lebah terus menurun, kabar yang tak kalah buruk adalah ditemukannya kandungan pestisida pada madu murni. Menurut The Guardian, penelitian sampel dari 200 jenis madu dimana 75 persennya mengandung neonicotinoids yakni insektisida yang beracun dan berbahaya. Zat ini juga disinyalir memengaruhi sistem saraf pusat pada serangga sehingga mengakibatkan kelumpuhan hingga kematian.

BACA JUGA: Terciduk! Manajer Restoran Selundupkan Kokain di Kantung Makanan Cepat Saji

Studi terbaru berjudul Nerve Agents in Honey yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Botanical Garden of Neuchatel di Swiss menggabungkan beberapa laporan yang membuktikan jika madu mengandung pestisida. Zat pengusir hama ini ternyata memengaruhi madu karena banyak petani yang dengan sengaja menaburkannya.

Tingkat kontaminasi pestisida pada madu yang tertinggal adalah di Amerika Utara dengan 86 persen sampel mengandung neonicotinoid. Selanjutnya diikuti Asia yang menduduki angka 80 persen sementara Eropa di angka 79 persen. Tingkat kontaminasi yang rendah berada pada madu di Amerika Selatan yang hanya 57 persen.

BACA JUGA: Meriahkan Quality Time Keluarga, Yuk Sajikan dengan Martabak Spesial

"Kontaminasi neonicotinoid global pada madu merupakan peringatan bahwa satwa liar mulai terancam bahan kimia. Hal ini terjadi di seluruh dunia," kata Matt Shardlow. Lebih lanjut ia juga mengatakan sekaligus mengajak semua orang secara global untuk melindungi lingkungan di sekitar, terutama lingkungan yang masih alami.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini