nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minuman Trendi Penghangat Badan saat Hujan ala Hanoi, Arak Beras hingga Bir Goceng!

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 09:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 09 298 1792049 minuman-trendi-penghangat-badan-saat-hujan-ala-hanoi-arak-beras-hingga-bir-goceng-0O5VrLM3vk.jpg Arak beras dan bir goceng Hanoi (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

MUSIM hujan telah tiba. Saatnya mewaspadai datangnya penyakit serta mencari cara agar tak mudah lemah dan jatuh sakit. Minum minuman panas dipercaya bisa membuat tubuh terasa nyaman juga meningkatkan daya tahan. Berikut inspirasi minuman hangat ala Hanoi, Vietnam.

Kota - kota di Vietnam bagian utara mengalami 4 musim. Saat ini telah memasuki musim gugur dan akan segera memasuki musim dingin. Karena terbiasa tinggal di daerah dingin, sejak lama penduduk Vietnam membuat minuman - minuman hangat untuk mengatasi kedinginan serta memperkuat daya tahan tubuh. Ada beberapa minuman yang selalu diminum sejak beberapa generasi lalu saat musim dingin. Beberapa baru ngetren belakangan ini. Berikut referensi minuman hangat dari Hanoi, Vietnam.

Rice Wine (Arak Beras)

Di negara pertanian seperti Vietnam, nasi dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Salah satunya diubah jadi alkohol. Rice wine atau arak beras dibuat dari fermentasi sari pati beras yang diubah menjadi gula.

Prosesnya memakan waktu selama 3 hari. Setelah itu dimasak dengan air. Ada bermacam rice wine seperti mushroom wine, snake wine, tao meo wine, ginseng wine, hingga opium wine!! jenis rice wine ini berasal dari bahan yang disertakan saat merendam rice wine. Jadi kalau snake wine berarti araknya direndam dengan ular, sedang opium wine berarti araknya dicampur opium.

Opium Wine yang unik ini bisa diperoleh di Sapa dengan harga 100.000 Dong atau sekitar Rp 50.000 per gelas. Sedang jenis rice wine lainnya bisa didapatkan di Hanoi dan kota - kota lainnya. Indonesia juga mempunyai varian rice wine seperti arak Bali dan Tuak Kalimantan. Rice wine yang rasanya strong ini digemari sejak dulu karena membawa kehangatan.

Hot matcha

Minuman teh hijau panas ini sebenarnya berasal dari Jepang. Tapi kini sudah tersedia dimana - mana berkat kepopuleran matcha. Hot matcha dibuat dari daun teh hijau yang telah diubah jadi bubuk. Bubuk kemudian diseduh dengan air panas, bisa juga ditambahkan susu yang telah dipanaskan agar rasanya lebih manis dan creamy.

Hot matcha banyak disajikan di resto - resto di Hanoi, begitu pula di resto khusus matcha. Selain itu bisa juga ditemukan dalam kemasan box atau sachet di supetmarket. Satu box bubuk matcha harganya sekitar 37.000 Dong atau sekitar Rp 18.500.

Ginger Tea

Minuman teh jahe ini merupakan cara klasik untuk menghangatkan badan saat udara dingin. Dibuat dari teh yang dicampur dengan sepotong jahe rasanya sungguh nikmat saat dikonsumsi kala hujan. Teh jahe biasanya juga dijual dalam bentuk bubuk.

Bir Goceng

Minuman rakyat dan turis ini bisa dengan mudah ditemukan di Old quarter. Dijual dalam tong - tong besar, bir lokal Hanoi ini harganya hanya 5000 Dong atau Rp 2500.

Selain bir goceng ada berbagai macam merk bir lokal seperti Bia Saigon, Tuborg, La Rue dan Pasteur street brewing company yang kini tengah naik daun. Minum bir dipercaya bisa menguatkan tulang. Bila diminum saat hujan bir bisa menghangatkan dan membantu tertidur lelap.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini