nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmatnya Santap Stew Khas Korea dan Riceballs saat Musim Hujan

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2017 19:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 09 298 1792061 nikmatnya-santap-stew-khas-korea-dan-riceballs-saat-musim-hujan-veb9VpgyIH.JPG

MUSIM hujan sudah tiba. Makanan-makanan berkuah nan hangat pun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh dan menenangkan pikiran.

Salah satu makanan yang tepat dinikmati di musim hujan adalah beef rib stew (galbi jjim dalam bahasa Korea) dengan campuran rempah-rempah Korea. Kuah yang hangat dan tekstur daging iga sapi yang lembut memberikan rasa hangat dan tentu saja menggugah selera.

Beef rib stew berisi iga sapi, glass noodle, yang disajikan dengan kuah dan ditaburi daun bawang. Iga sapi yang digunakan telah diolah khusus sehingga menghasilkan tekstur yang begitu lembut. Kuahnya terasa manis dan gurih. Selain dengan campuran glass noodle, beef rib stew juga bisa disajikan dengan udon yang memiliki ukuran lebih besar.

"Dagingnya diprosesnya tidak mudah. Di-marinate dulu selama 15 jam, kemudian dimasak dua jam agar menghasilkan tekstur yang lembut," jelas Fernando, pemilik Masizzim dalam soft opening restoran di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara baru-baru ini. 

Seperti halnya makanan Korea pada umumnya, Anda juga bisa merasakan sensasi pedas dari menu yang satu ini. Tingkat kepedasannya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda. Mulai level 1 hingga level 4. Bahkan ada yang tidak pedas sama sekali bagi Anda yang tak suka pedas.

Selain iga sapi, Anda juga bisa merasakan stew Korea dengan varian yang lebih beragam, seperti spicy seafood stew dan spicy chicken stew. Dalam menu seafood, Anda bisa merasakan kesegaran kerang yang direbus bersama udang, cumi-cumi, dan jamur. 

Namun jika Anda ingin makan nasi, riceballs atau jumuk bak dalam bahasa Korea, adalah makanan yang bisa dicoba. Riceballs memiliki keunikan sendiri karena dibuat dengan purple rice yang berasal dari Korea.

Uniknya lagi, Anda tidak akan memakannya dengan sendok atau pun sumpit. Tetapi dengan sarung tangan. Kok bisa? 

Ya, Anda harus memakai sarung tangan dari plastik yang telah disediakan untuk mengaduk-aduk beberapa bahan di dalamnya, seperti nasi, rumput laut, cabai rawit, dan ikan teri (anchovy) agar tercampur. Remas-remas bahan tersebut hingga tercampur dengan sempurna. Anda akan merasakan sensasi seperti memainkan squishy. Setelah itu, Anda harus membentuk bola-bola dari campuran bahan tersebut dan ukurannya disesuaikan dengan mulut agar lebih mudah melahapnya.

Riceballs memiliki rasa yang unik, yaitu pedas, asin, dan manis dalam sekali gigit. Tidak tanggung-tanggung, tingkat kepedasannya pun dapat memenuhi hasrat para pencinta pedas. Sebab rasa pedasnya berasal dari cabai rawit.

"Rasa makanannya disesuaikan dengan lidah Indonesia, khususnya pedasnya berbeda. Orang Indonesia lebih suka pedas cabai rawit, sedangkan orang Korea suka rasa yang asam dan sedikit pedas," lanjut Fernando. 

Tidak hanya rasa ikan teri, riceballs juga bisa dinikmati dengan rasa lainnya, seperti tuna dan kepiting. Menurut Fernando, cara memakan dengan mengaduk, meremas, dan membentuk bola-bola beras ini memberikan pengalaman makan yang unik kepada para pencinta makanan Korea. Sehingga tak hanya bisa memenuhi hasrat lidah dan perut semata, tetapi Anda juga bisa merasakan pengalaman yang berbeda. 

BACA JUGA:

Baik beef rib stew maupun riceballs akan terasa lebih menarik jika dilengkapi dengan kimchi sebagai makanan pendamping. Beberapa makanan Korea lain yang tak ketinggalan harus dicoba adalah Korean Pancake, di mana Anda bisa menemukan pancake dengan rasa kimchi, teksturnya seperti pizza.

Steam egg yang menawarkan lembutnya telur, kimchi beef rib soup, dan korean spicy beef juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati saat musim hujan. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh ke Korea untuk menikmati cita rasa kuliner khas Negeri Ginseng tersebut.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini