nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNIK! Semua Wanita Suku Himba Tidak Mandi Justru Memerahkan Tubuh Mereka

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 05:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 09 406 1791855 unik-semua-wanita-suku-himba-tidak-mandi-justru-memerahkan-tubuh-mereka-iQotkiwbba.jpg Suku Himba (Foto: CNN)

SETIAP negara di dunia ini pasti dihuni oleh wanita. Dan, setiap wanita di negara-negara tersebut pasti memiliki standar atau definisi cantik yang berbeda-beda, tergantung dari kebiasaan dan tradisi yang diturunkan oleh para orangtua terdahulu mereka.

Begitupun yang ada di Namibia, salah satu suku yang ada di daerah tersebut memiliki standar atau definisi cantik yang unik dan sangat khas. Bagaimana tidak, semua wanita di Suku Himba sangat berbeda tampaknya dari wanita-wanita yang ada di negara-negara lain.

https://monkeysandmountains.com/wp-content/uploads/2013/11/Namibia-Himba-hair.jpg

Tinggal di daerah yang terpencil dan sulit air, membuat wanita dari Suku Himba melumurkan otjize, pasta mentega, lemak dan oker merah, yang kadang-kadang beraroma resin aromatik ke badan mereka. Para wanita Suku Himba setiap pagi mengolesi tubuh mereka dengan bahan-bahan tersebut, bahkan tidak hanya tubuh tapi seluruh rambut mereka juga.

Penampilan yang mencolok dengan warna merah yang khas ini membuat para wanita Himba yang masih amat tradisional itu menjadi ikon Afrika. Ada banyak spekulasi tentang asal muasal tradisi melumuri tubuh dengan unik tersebut.

http://i2.cdn.cnn.com/cnnnext/dam/assets/120509042004-himba-woman-horizontal-large-gallery.jpg

Melansir dari CNN, Selasa (10/10/2017), ada beberapa spekulasi tentang tradisi melumuri tubuh yang akhirnya membuat kulit wanita Himba menjadi merah. Mereka melakukan tradisi tersebut agar dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mengusir serangga. Namun, ada pula yang mengatakan mereka membuat tubuh menjadi merah seolah itu adalah make up tradisional yang mereka pakai setiap pagi saat mereka bangun. Sementara, pria Suku Himba tidak menerapkannya.

Meskipun lambat laun, daerah tempat Suku Himba terus mengalami pembangunan, termasuk proyek pembangkit listrik, tapi masih banyak wanita Suku Himba yang menjalani gaya hidup tradisional dan tidak mengubahnya, mereka terus bertahan dalam kekeringan.

http://i2.cdn.cnn.com/cnnnext/dam/assets/120510090945-himba-milk-horizontal-large-gallery.jpg

Warna merah yang melekat pada tubuh wanita Himba diartikan sebagai simbol dari kehidupan dan cara mereka membersihkan diri. Para wanita Himba mengolesi tubuh mereka dengan otjize karena mereka tidak mandi dan uniknya mandi hanya untuk kaum pria saja.

Bagi traveler yang ingin mengunjungi Suku Himba dan melihat langsung keunikan serta kekhasan mereka, ada satu hal penting yang harus diketahui, yaitu kunjungan Anda hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu karena hidup mereka semi nomaden. Untuk itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya soal Suku Himba agar petualangan Anda tidak mengecewakan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini