Musim Pancaroba, Demam Berdarah Banyak Diderita, Simak Saran Dokter agar Terhindar dari Faktor Penyebabnya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2017 16:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 09 481 1791909 musim-pancaroba-demam-berdarah-banyak-diderita-simak-saran-dokter-agar-terhindar-dari-faktor-penyebabnya-64ARwo1BIw.jpg Demam berdarah (Foto: Dok. Okezone)

PERKEMBANGAN jumlah nyamuk aides aegypti di musim penghujan bisa dua kali lipat dari biasanya. Nyamuk ini dipercaya suka berada di lingkungan yang menyimpan air bersih, kemudian lembap, dan pada lokasi yang tidak bersih.

Ya, penyebab utama dari sebaran penyakit demam berdarah adalah gigitan dari nyamuk tersebut. Di mana, gigitannya itu menyimpan virus yang kemudian menyebabkan tubuh Anda terserang penyakit demam berdarah.

Yang perlu Anda ketahui adalah nyamuk ini sangat suka dengan aroma tubuh manusia. Kemudian, diketahui bahwa nyamuk jenis ini lebih menyukai darah manusia dibandingkan darah hewan. Selain itu, manusia yang mengenakan busana gelap atau merah pun cukup disukai nyamuk ini untuk "hinggap" dan akhirnya menyerap darah Anda.

Nah, untuk menghindari paparan nyamuk aides aegepti, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan. Seperti yang diutarakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD, pada Okezone di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (9/10/2017), berikut tipsnya:

1. Untuk sekarang ini, sebaiknya jika berada di lingkungan yang dirasa banyak nyamuknya, jangan mengenakan baju lengan pendek atau pun celana pendek. Sebisa mungkin tubuh Anda terekspos minim agar nyamuk pun tidak bisa menggigit dan menghisap darah Anda.

2. Jangan membiarkan ada kubangan air atau pun membiarkan alas pot tanaman Anda berair keruh. Kalau dibiarkan, itu akan menjadi tempat nyamuk menetaskan anak-anaknya. Rumah Anda pun bakal jadi sarang nyamuk.

3. Sebisa mungkin proteksi rumah dengan selalu menjaga kebersihan rumah dan sebisa mungkin untuk tidak membuka pintu terlalu lama di halaman rumah yang bisa memancing nyamuk masuk ke dalam rumah.

4. Melakukan pengurasan bak mandi atau apapun yang dijadikan wadah air. Kalau bisa, jangan pakai bak dan memergunakan kran air langsung.

5. Menutup bak berisi pakaian kotor Anda atau langsung menaruhnya di mesin cuci. Yang perlu Anda ingat adalah nyamuk itu suka aroma tubuh manusia dan baju yang Anda kenakan tentunya menempel aroma tubuh Anda. Jadi, langsung dimasukan ke mesin cuci lebih baik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini