Rahasia Menjadi Profesional lewat Medsos seperti Anak Millenial

Vien Dimyati, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 10 196 1792493 rahasia-menjadi-profesional-lewat-medos-seperti-anak-millenial-iDx3RfI8Zy.jpg Ilustrasi (Foto: Google)

DI era serba teknologi canggih ini siapa yang tidak memiliki media sosial. Hampir semua orang, dari anak-anak hingga dewasa eksis di medsos. Namun, apakah Anda sudah bijak menggunakan medsos?

Ternyata medos tidak hanya untuk melakukan aktivitas have fun saja, tapi juga bisa membuat diri seseorang menjadi profesional. Seperti apa caranya? Berikut rahasia menjadi profesional di dunia medsos ala Blogger ternama Dimas Novriandi.

Berawal dari hobi menulis di blog dan mengomentari segala hal di media sosial, nama Dimas Novriandi mulai diperhitungkan di kalangan para profesional muda, terutama di dunia digital marketing. Pria berkaca mata ini memiliki personal branding bagus, terbukti dari profil view yang paling banyak dilihat di Linkedin Indonesia.

“Medsos memang kebanyakan untuk seru-seruan. Tapi lewat medsos kita bisa sharing pengalaman dan menjadi seorang yang profesional. Seperti saya, kenapa masuk ke Linkedin karena bisa mempertemukan saya dengan banyak kesempatan untuk berkarier dan bisnis,” kata Dimas belum lama ini di Jakarta.

Menurutnya medsos bisa menyediakan kesempatan untuk kita terinformasi dengan berbagai perkembangan baru dari dalam dan luar negeri. Dimas kerap mendapatkan ide dan informasi dari hasil interaksi yang dibangun dari jaringan profesional di seluruh dunia. “Hal ini yang membuat saya bisa memperkuat personal brand untuk diri sendiri,” jelasnya.

Menurut pria yang kini bekerja sebagai Social Band Activation & PR Lead, BTPN ini, medsos bisa memperkuat personal branding dan keuntungannya adalah ketika melamar pekerjaan perusahaan bisa menemukan profil kita yang profesional. Maka, dengan begitu kita akan ditandai sebagai orang yang serius. “Jadi, mulai sekarang jangan biarkan medsos Anda kosong. Harus rajin menulis. Jika tidak memiliki kesempatan menulis sebaiknya mulai share artikel,” ungkapnya.

Untuk menjadi profesional melalui media sosial ia hanya berpesan agar harus konsisten dengan apa yang disukai. Jangan sekali-kali memaksakan diri. Mulai bikin profil dan foto profesional, selain itu ganti profil tiap bulan. “Misalnya, jika Anda hobi traveling, makan atau foto, mulailah menulis dengan hal-hal tersebut. Jangan ikut-ikutan orang. Begitu pula saya yang suka marketing, ketika mengajar di kampus maka saya akan menulis seputar marketing,” jelasnya.

Selain konsiten dan tahu apa yang diinginkan, Anda juga harus berusaha untuk nge-branding diri sendiri di medsos. Caranya adalah harus sebisa mungkin meluangkan waktu mengisi konten di medsos. Hal inilah yang telah dilakukan oleh para blogger yang aktif di medsos. Dimas, juga menyarankan untuk para pemula untuk tidak takut ketika dinyinyiri oleh orang ketika mengisi konten.

Baca Juga: Nih Deretan Pekerjaan dengan Gaji Besar, Apa Saja?

Baca Juga: Ini Penjelasannya Mengapa Mimpi Sulit Diingat ketika Bangun

Baca Juga: Hati-Hati! Pemerintah Arab Saudi Bakal Mendeportasi Siapa pun yang Wajahnya Tampan Maksimal

“Hal yang paling ditakuti sebelum menulis adalah takut dinyinyiri. Sahabat saya bilang, orang Indonesia itu suka sekali berasumsi. Jadi sudah takut dulu. Kita harus tahu bahwa masuk ke medsos sudah pasti ada risikonya. Kita sudah siap belum? Jika hal ini terjadi maka ini bisa menjadikan kita orang yang lebih baik lagi. Bagaimana kita menjaga asumsi ini menjadi yang lebih baik,” pungkasnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini